Waktu Yang Tepat Ganti Oli Motor, Kapan?

Waktu yang tepat ganti oli motor - Apabila kamu menginginkan motor yang tetap awet maka kamu perlu merawat motor yang kamu miliki dengan benar. Salah satu perawatan motor yang perlu kamu perhatikan adalah oli motor. Jika kamu tidak memperhatikan oli motor kamu maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada mesin motor kamu.

Pergantian oli motor secara rutin sangatlah dibutuhkan untuk menjaga performa motot kamu tetap prima. Nah, kapan waktu yang tepat ganti oli motor? Berikut penjelasannya:

waktu yang tepat ganti oli motor

Waktu Yang Tepat Ganti Oli Motor


Jika kamu ingin mempunyai motor yang awet maka perhatikan faktor ini, lihatlah seberapa jauh jarak yang ditempuh oleh motor kamu. Kebanyakan orang berpatokan pada berapa bulan sekali. Padahal terkadang motor kamu merupakan motor yang sering digunakan untuk perjalanan jauh. Maka dari itu perhatikan kilomter pada motor untuk kamu jadikan acuan kapan sebaiknya kamu ganti oli motor.

Coba perhatikan saran berikut ini:
Apabila kamu telah melihat buku petujuk dan kamu melihat oli diganti setiap 1500 sampai dengan 4000 km maka alangkah baiknya kamu mengganti oli motor kamu saat mencapai 2000 km sebab banyak sekali yang menganjurkan seperti itu, tapi ada juga yang meminta penggantian oli selama sebulan sekali apabila motor tiap bulan menempuh jarak lebih dari 1000 km, dan apabila kamu menempuh jarak kisaran 200 km per harinya maka kamu perlu mengganti oli setiap seminggu sekali atau saat telah mencapai 1200km sebab motor ini termasuk motor yang bekerja dengan keras dan butuh perawatan yang lebih.
Selain faktor di atas yang perlu kamu perhatikan, ada juga perlu kamu perhatikan yaitu kualitas oli motor yang kamu gunakan. Walaupun kamu mengganti oli motor secara rutin namun kamu menggunakan oli motor dengan kualitas yang kurang bagus maka jangan berharap motor kamu awet. Maka dari itu, carilah informasi oli motor yang sesuai dengan motor kamu, atau kamu juga bisa membawanya ke dealer resmi yang lebih tahu oli motor yang sesuai dengan spesifikasi motor kamu.

Nah, kini kamu sudah mengatahui kapan waktu yang tepat ganti oli motor kamu. Semoga artikel ini bisa membantu ya.