Cara Mengganti Air Radiator Honda Vario

Radiator motor adalah salah satu komponen penting, akan tetapi, sering kali terabaikan. Pada radiator tentu ada air sebagai media untuk mendinginkan mesin. Kalau mesin motor cepat panas atau bahkan sampai overheat (keadaan dimana mesin tiba-tiba mati karena terlalu panas) maka kemungkinan air radiator berkurang. Nah jika air radiator berkurang disebabkan oleh proses penguapan, akibat dari terkena panas mesin motor. Nah salah satu motor yang memakai sistem berpendingin air atau radiator yaitu Honda Vario, Langsung saja yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Memang kebanyakan para biker malas atau lupa untuk mengecek volume cairan air radiator, padahal caranya sangat gampang untuk cek air radiatornya. Volume air radiator bisa dilihat lewat lubang reservoir yang ada disebelah kanan body, dari pabrikan sudah di desain dengan rongga-rongga supaya pemilik motor gampang untuk melakukan pengecekan sendiri.

Ketika kalian cek air radiator, pastikan indikator air benar-benar sejajar dengan tanda ‘upper’ sebab itulah batas dimana volume air radiator masih normal. Akan tetapi kalau air radiator berada di tanda ‘lower’, berarti air radiator saatnya untuk ditambah supaya mesin motor gak overheat. Kemudian selain air radiator yang harus ditambahkan kalau sudah berada ditanda ‘lower’, air radiator juga harus diganti kalau motor sudah berjalan diatas 10.000 km.

Cara Mengganti Air Radiator Honda Vario


Nah cara menganti air radiator sangat mudah, kalian dapat mennganti air radiator sendiri dirumah.

1. Pertama-tama kalian harus menyediakan air radiator khusus Honda Vario dari Honda Genuine Coolent, kalian bisa dengan mudah mendapatkan di bengkel resmi Honda atau bengkel langganan kalian .

2. Jika kalian sudah menyiapkan air radiator Honda Genuine Coolent, silahkan buka tutup radiator motor dibagian bawah, seperti yang ada digambar dibawah ini.

Cara Mengganti Air Radiator Honda Vario

3. Selanjutnya kalian tunggu hingga air radiator lama keluar semua atau lebih bagus kalian semprot memakai angin dari kompressor melalu tutup untuk memasukan air radiator supaya air radiator yang lama dan juga kotoran yang mengendap bisa keluar sehingga radiator motor menjadi bersih kembali.

4. Jika sudah benar-benar habis dan bersih, lalu tutup kembali lubang pembuangan air radiator dan tuang air radiator baru namun cukup separuh saja lalu tutup rapat tabung reservoir.

5. Kemudian setengah air radiator sisa tadi, kalian tungkan di tabung yang terletak dibawah jok. Lalu periksa indikator air radiator, pastikan sudah berada di tanda ‘upper’. Dan kalian jangan lupa untuk memasang kembali bagian body motor.

Demikian Cara Mengganti Air Radiator Honda Vario dari saya, semoga bermanfaat buat temen-temen, Selamat mencoba dan Semoga berhasil.