Menentukan Bilangan Oktan Bensin yang Cocok untuk Motor

Bukanlah hal yang sulit menentukan bilangan oktan bensin yang cocok untuk motor sobat. Tak jarang kebanyakan pengendara motor bingung berapa oktan bensin yang cocok motor kalian.

Yang termudah mengetahui nilai oktan bensin adalah dari data spesifikasi yang menunjukkan kompresi mesin.

Menentukan Bilangan Oktan

Bagi sobat yang memiliki motor dengan rasio kompresi di atas 11:1 sampai mendekati 13:1, direkomendasikan memakai bensin RON 98 seperti Pertamax Turbo. Sedangkan untuk motor yang rasio kompresinya di atas 10:1 sampai 11:1, baiknya menggunakan bensin RON 92 macam Pertamax. Dan untuk motor yang rasio kompresinya di bawah 10:1 hingga 9:1, dapat menggunakan bensin jenis Pertalite yang punya RON 90. Sedangkan apabila rasio kompresinya di bawah 9:1, bisa menggunakan Premium (RON 88).

Namun faktanya terutama dalam pengujian hasil tersebut terkadang hasilnya berbeda.

Tomy Huang selaku owner Bintang Racing Team (BRT) pernah mengatakan "Sebetulnya rasio kompresi yang semakin tinggi tidak harus pakai bensin dengan oktan tinggi juga," katanya.

"Tapi dari timing pengapian juga berpengaruh," imbuhnya.

Pak Tomy kasih contoh kalau dia pernah dyno Honda Vario 125 yang punya kompresi 11:1 hasilnya lebih baik ketika pakai RON 90 (Pertalite) daripada RON 92 (Pertamax).

"Pakai RON 90 power di angka 8,4 dk di putaran 8,000 rpm, sementara kalau pakai RON 92 hanya 8,25 dk di putaran yang sama," ungkapnya.

Oleh karena itu Pak Tomy beri tips mudah untuk mengetahui jenis bensin mana yang lebih cocok digunakan di motor kalian.

"Coba bandingkan saja setelah isi RON 90 atau 92 atau 98 motor lebih enak yang mana tarikannya," ungkapnya.

"Memang bisa pakai feeling tapi hal tersebut memang tidak terlalu akurat," ungkapnya lagi.

"Paling fix memang diukur di atas mesin dyno, di sana bakal ketahuan bensin mana yang lebih cocok untuk motor karena hasil yang keluar tidak akan bohong," ungkapnya Pak Tomy.

Semoga tips diatas bisa membantu kalian untuk menentukan bilangan oktan bensin yang cocok untuk motor.