Tips Membeli Motor Bekas, Perhatikan Ini Agar Tidak Tertipu

Tips membeli motor bekas - Motor bekas menjadi solusi bagi orang yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau. Namun kamu juga harus mengeceknya sebelum membeli motor bekas tersebut. Sebab kamu tidak tahu bagaimana riwayat pemakaian motor bekas tersebut sebelumnya. Jadi jangan sampai kamu mendapatkan motor yang tidak memiliki performa maksimal.

Setidaknya ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum membeli motor bekas agar tidak menyesal di kemudian harinya.

tips membeli motor bekas

Tips Membeli Motor Bekas


1. Kelengkapan Surat Kendaraan Bermotor

Pertama hal yang paling penting ketika kamu membeli motor bekas adalah memeriksa surat-surat kendaraan bermotor. Karena Pemerintah Indonesia lewat Kepolisian Republik Indonesia telah sangat jelas melarang memperjualbelikan motor bekas tanpa surat-surat lengkap.

Jangan sampai kamu terkena hukum pidana sampai penjara 4 tahun sebab motor bekas yang dibeli ternyata bodong.

2. Cek Nomor Rangka dan Mesin

Sebagai pembeli yang cerdas kamu wajib memeriksa nomor rangka dan nomor mesin. Lihat dengan teliti apakah nomor rangka dan mesin yang ada di dalam surat – surat sudah sesuai dengan motor yang dibeli.
Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Rangka dan Mesin Honda Beat F1

3. Mencoba Kendaraan

Motor bekas pastinya sudah digunakan selama beberapa waktu oleh pengguna sebelumnya, maka dari itu pembeli wajib mengetahui kondisi mesin dan kenyamanan dari sepeda motor secara keseluruhan.

Cara satu – satunya untuk mengetahuinya hal ini ialah melakukan test ride atau mencoba langsung sepeda motor yang ingin dibeli.

Anda bisa melakukan test ride dimulai dari mesin dihidupkan. Saat dijalankan coba sistem pengereman, dengarkan suara mesin, dan juga cek kualitas oli mesin.

4. Cek Kondisi Fisik Bagian Mesin

Silahkan cek kondisi perpak (gasket) dan baut-baut pada mesin. Apakah sudah pernah dibuka atau belum mesinnya. Ini bisa kamu lihat dari warna asli bawaan pabrik apa sudah berubah belum.
Baca juga: Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas, Coba Jurus Ini!

5. Cek suara mesin dengan menutup lubang knalpot

Motor bekas yang mesinnya masih sehat dapat didengar dari suaranya yang masih normal. Ketika motor dinyalakan tidak perlu dipaksa dengan menarik handel gas dengan kuat. Tapi cukup dengan ditutup bagian lubang knalpotnya dengan tangan kemudian didengarkan suara mesinnya apakah suaranya cukup senyap atau berisik. Apabila suara mesin itu berisik tak wajar ketika lubang knalpot ditutup, menjadi indikasi kuat mesin tak waras dan butuh perbaikan.

6. Cek kondisi list dan cat pada body

List pada bodi yang masih asli biasanya tertutup rapi oleh lapisan bening pelindungnya atau klir-nya seperti bawaan pabrik. Tapi apabila lapisan pelindung list telah keliatan permukaannya tak beraturan, perlu dicurigai bodi motor pernah mengalami masalah seperti pecah saat terjatuh atau lainnya.

Untuk mengecek cat motor itu asli bawaan pabrik atau tidak, bisa dilihat dan diraba. Apabila sudah bukan cat asli, pori-porinya tampak lebih besar dan catnya tampak lebih tebal.

7. Jangan tertipu kilometer rendah

Ketika membeli motor bekas tidak harus mempertimbangkan berapa kilometer motor itu telah pernah berjalan. Karena sekarang tidak hanya speedometer manual yang dapat disetel ulang, melainkan speedometer digital pun juga sudah bertebaran jasa untuk setel ulangnya.

8. Cek kondisi las-lasan dan bagian kaki-kaki

Pada poin ini termasuk paling sulit membedakan antara motor bekas orisinil dengan yang bukan terletak pada bagian las-lasan. Bawaan pabrik, bagian las-lasan seperti bawah tangki atau as atau rangka garpu tampak hanya pengelasannya tipis dan rapi. Beda apabila dilas ulang akan tampak lebih tebal permukaannya dan menjadi penanda pernah ada masalah seperti patah atau rusak tertabrak.

Nah itulah tips membeli motor bekas yang bisa kamu jadikan referensi supaya kamu mendapatkan motor bekas dengan kualitas yang bagus.