Tips Mengemudi Irit BBM dari Suzuki, Apa Saja Ya?

Makin kesini, kendaraan didesain dan diproduksi untuk bisa lebih hemat BBM. Walaupun demikian, itu semua harus didukung oleh pemahaman pengguna sebab meskipun dirancang irit BBM namun akan jadi sia-sia apabila pengemudi ceroboh.

Hal tersebut pernah disampaikan oleh Donny Saputra, direktur marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Cikarang. Ia mengatakan Suzuki akan terus menghadirkan produk-produk yang hemat bahan bakar, namun dia juga memberi penekanan bahwa yang terpenting dalam hal ini yaitu manusianya. Artinya, driving style itu paling menentukan tingkat konsumsi bahan bakar.

Begitu pula Aris Indratmojo dari bagian strategic planning PT SIS yang memberikan sejumlah petunjuk yang dapat dilakukan pengemudi supaya penghematan bahan bakar bisa optimal. Nah, apa saja tips tersebut, langsung saja disimak selengkapnya di bawah ini.

tips mengemudi irit bbm

Tips Mengemudi Irit BBM


1. Tips pertama yang bisa kamu ikuti supaya irit bahan bakar adalah menjaga kecepatan maksimal 20 km per jam pada 20 detik pertama mobil berjalan. Sebagaimana yang dikatakan Aris bahwa tindakan tersebut akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11%. Itu dikarenakan saat-saat awal mesin dinyalakan sebelum memulai perjalanan merupakan salah satu momen pemakaian bahan bakar tertinggi sehingga harus dihindari akselerasi.

2. Tips selanjutnya yaitu tidak terlalu sering menambah dan atau mengurangi kecepatan secara drastis dan mendadak. Jadi usahakan mengemudi dengan kecepatan yang konstan dengan jarak dan kecepatan yang aman..

3. Nah tips yang ketiga yaitu memanfaatkan engine brake saat hendak mengurangi kecepatan. Bagaima caranya? Kamu cukup dengan melepas pijakan gas. Dengan cara ini, mobil lebih mudah memperoleh momentum saat akan kembali berakselerasi. Apabila mengurangi kecepatan dengan pengereman maka untuk berakselerasi lagi gas mesti ditekan lebih dalam sehingga konsumsi BBM lebih besar. Menurut Aris cara ini bisa menghemat bahan bakar sampai 2 persen. Tetapi perlu diingat engine brake hanya hanya dapat dipakai pada jarak dengan objek di depan cukup aman.
Baca juga: Rekomendasi Motor Paling Irit Tahun 2019 Terbaru Di Indonesia
4. Lanjut ke tips berikutnya yaitu mengurangi pemakaian mesin pengatur suhu kabin atau AC. Menurut Aris, pemakaian AC dengan suhu 25 derajat Celsius akan meningkatkan pemakaian bahan bakar sekitar 12 persen. Apalagi bila AC menyala dengan jendela mobil terbuka, sebab kompresor AC akan terus bekerja untuk menstabilkan suhu di dalam kabin.

5. Pada tips kelima yaitu tak perlu terlalu lama memanaskan mesin. Mobil-mobil saat ini cukup dipanaskan paling lama 3 menit untuk siap beroperasi. Posisi mobil menyala tetapi diam di tempat (idling) hanya membuang-buang bahan bakar saja, begitu yang diungkapkan Aris.

6. Kemudian tips yang keenam yaitu menghindari kemacetan. Menurut Aris, jika dalam perjalanan yang normalnya dapat dtempuh dalam 1 jam, maka tambahan 10 menit akan bikin konsumsi bahan bakar naik 14 persen.

7. Tips yang ketujuh yaitu menjaga tekanan ban yang normal. Aris mengungkapkan jika tekanan ban kurang dari 50 kPA (0,5 kg/cm2) maka akan meningkatkan konsumsi bahan bakar 2-4 persen.

8. Tips yang terakhir yaitu menghindari beban berlebihan pada mobil. Aris menambahkan, bahwa barang yang beratnya 100 kg menambah konsumsi bahan bakar 3 persen.

Apabila tips di atas diterapkan, maka konsumsi bahan bakar dapat sangat efisien. Semoga tips diatas bisa kamu ikuti supaya kendaraan kamu berkerja secara optimal dan irit BBM tentunya.