Masa Servis Motor, Lebih Baik Hitung Jangka Waktu atau Kilometer?

Masa Servis Motor - Semua pemilik kendaraan bermotor perlu memperhatikan mengenai servis atau perawatan rutin supaya tenaga yang dihasilkan tetap maksimal. Salah satu hal yang dilakukan ketika melakukan servis rutin yaitu penggantian oli. Maka dari itu, pemilik harus berperan aktif membawa motor ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin.

Kembali ke judul lebih baik mana, perawatan rutin berdasarkan jangka waktu atau kilometer? Di dalam buku panduan, pemilik biasanya diwajibkan perawatan rutin menurut hitungan kilometer. Namun tidak sedikit pula pemilik yang menetapkan perawatan rutin sesuai dengan jangka waktu. Contohnya saja, satu atau dua bulan sekali.

Masa Servis Motor

Maka Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman menjawab pertanyaan tersebut bahwa pemilik mestinya memperhatikan pemakaian harian kendaraan. Pak Ade juga menyampaikan dalam wawancaranya dengan Liputan6.com, Rabu (21/8/2019). "Untuk acuan servis sebaiknya tidak mengacu pada salah satu acuan saja,"

Beliau menjelaskan jika motor dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan bekerja secara maksimal sebab menempuh jarak yang cukup jauh secara rutin, pemilik sebaiknya tidak mengacu pada lamanya servis.

Pak Ade juga menambahkan"Atau motor yang jarang sekali dipakai tentunya tidak baik jika menggunakan acuan jarak tempuh karena memang motornya jarang digunakan,"

Maka dari itu, sebaiknya pemilik melihat jarak tempuh dan lamanya waktu. Lihat mana yang lebih dulu dicapai, sehingga servis rutin kendaraan tetap berjalan maksimal dan kendaraan dapat mempunyai umur lebih panjang.

Hal di atas disampaikan oleh pak Ade "Baiknya kita mengacu pada mana yang terlebih dahulu dicapai. Misalkan untuk motor yang sering dipakai maka acuan jarak tempuh yang akan terlebih dahulu dicapai, tetapi jika jarang digunakan maka acuan bulan lah yang akan terlebih dahulu dicapai,"

Intinya kamu harus rutin melakukan perawatan motor kamu, supaya performanya tetap terjaga.