Cara Mencopot Sticker di Motor Tanpa Bekas

Cara Mencopot Sticker di Motor Tanpa Bekas

Salah satu aspek untuk modifikasi motor adalah stiker atau striping motor, bukan hanya dijadikan pengias body motor namun juga bisa menjadi salah satu aspek untuk modifikasi motor. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang suka gonta ganti stiker motornya jika sudah bosan.

Akan tetapi, masalah yang kerap hadir adalah pada saat mengelupas stiker lama, Nah biasanya ketika melepas stiker lama, namun stiker tidak bersih (masih ada serpihan kertas & lem yang tertinggal) atau yang paling parah cat motor bisa ikut terbawa juga, alias mengelupas.

Dan hal itu tentu tidak kalian inginkan, Karena sebelumnya niat hati akan mempercantik motor malah membuatnya semakin gak enak dipandang. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips agar kalian dapat melepas stiker motor tanpa ada bekas sedikitpun.

Sebab dalam melepas stiker motor ternyata ada tekniknya, jika asal tarik justru itu akan meninggalkan bekas. Jika sudah berbekas, maka akan lebih sulit untuk menghilangkannya. Apalagi jika stiker yang akan dikelupas adalah stiker variasi, bisa saja lemnya lebih kuat maka bisa merusak cat body motor kalian.

Cara Mencopot Sticker di Motor Tanpa Bekas


Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya.


A. Alat dan Bahan yang perlu disiapkan

Alat-alat yang kalian butuhkan gak terlalu sulit sebab semua sudah sering kita temui disekitar kita.

1. Hair dryer/korek api
2. Bensin satu mangkok
3. Kain lap biasa (katun/spandex)
4. Air bersih
5. lap kanobo (opsional)
6. Poles body (opsional)


B. Cara Pelepasan Stiker

Cara Mencopot Sticker di Motor Tanpa Bekas

Pertama kalian harus mencari sudit dari strip/stiker yang akan kalian lepas. Lalu panaskan pada bagian sudut tersebut memakai hair dryer atau korek api gas, sehingga sudut stiker akan menyusut.

Dengan demikian kalian dapat dengan mudah memegang ujung dari stripe yang akan dilepas, caranya tarik secara berlahan. Kalau stiker cukup keras, kalian dapat memanaskan sepanjang permukaan stiker mengikuti arah pelepasan.

Sehingga dari ujung kalian memanaskan permukaan stiker kemudian diikuti dengan pelepasan. Lakukanlah cara ini secara bertahap sampai seluruh permukaan stiker terangkat. Mungkin kalian akan menemui kesulitan berupa stiker putus ketika dilepas, kemudian lanjutkan saja sampai strippe lepas dan lakukan langkah ini pada seluruh bagian stripping yang tertinggal.

Langkah selanjutnya, jika kalian telah berhasil melepas stripping dari body motor, akan ada yang kurang beres. Ini biasanya ada bekas lem dari stiker lama yang masih menempel dan pastinya lumayan susah untuk dihilangkan.

Maka dari itu, pada fase berikutnya kalian bisa mengikuti panduan cara menghilangkan bekas stiker yang dijelaskan dibawah ini.

1. Pertama siapkan satu mangkok bensin (tidak usah banyak-banyak cukup 20 hingga 50 mililiter sudah cukup).

2. Selanjutnya kalian oleskan bensin di area bekas stiker yang sulit diangkat.

3. Kemudian usapkan memakai kain kering secara berlahan hingga seluruh lem terangkat.

Banyak yang bertanya apakah bensin aman dan tidak merusak cat motor? Bensin tersusun dari senyawa HC atau hidrokarbon. Memang, bahan ini bersifat mudah terbakar akan tetapi tidak memiliki zat asam (Cl) seperti minyak rem yang bisa merusak cat motor.

Dan ini berarti penggunaan bensin aman, sedangkan zat pembilas pada bensin dapat melunturkan kotoran yang membandel pada motor.

Jika kalian selesai mengolesnya dengan bensin, maka sebenarnya sudah selesai. Bensin akan segera menguap dan gak berbekas pada body motor. Akan tetapi, bau bensin biasanya belum hilang dan bagi seorang yang alergi terhadap bau bensin maka perlu dilakukan treatment lanjutan.

Maka dari itu air dan lap kanebo diperlukan. kalian bisa mengusap permukaan body memakai lap kanebo basah atau akan lebih baik jika kalian mencucinya.

Dan langkah terakhir juga bersifat opsional, kalau kalian akan menutup body motor dengan stripping baru maka kalian dapat melewati langkah ini. Tapi kalau kalian akan tetap mempertahankan gaya polosan, maka kalian perlu melakukan sedikit proses wax dan pemolesan.

Ini sangat penting meningat pasti ada bedanya antara body yang sebelumnya tertutup stiker dengan yang gak. Dengan bantuan wax kalian bisa menyamarkan perbedaan ini, sehingga tampilan motor bisa rapi.

Ok teman-teman, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian selamat mencoba terimakasih.