Cara Merawat Motor Injeksi dengan Mudah

Cara merawat motor injeksi - Tidak bisa dipungkiri, hampir semua motor di Indonesia saat ini telah menggunakan teknologi injeksi. Ini sebagai bagian dari perkembangan teknologi pada motor yang makin pesat, sehingga diharapkan motor akan lebih irit mengkonsumsi bahan bakar. Teknologi injeksi  pada motor bisa mengontrol lebih tepat antara pencampuran bahan bakar dan udara, dan juga baik dari segi proporsi dan lainnya. 

Namun dengan alasan kesibukan sering sekali pemilik motor malas untuk merawat motor termasuk motor dengan sistem injeksi. Tentu ini perlu menjadi perhatian sebab perawatan motor sangat diperlukan guna menjaga performa motor agar tetap prima.

cara merawat motor injeksi

Cara Merawat Motor Injeksi


1. Pastikan Motor Selalu Dipanasi di Pagi Hari

Cara pertama dan paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor kamu adalah memanaskan motor di pagi hari. Jadi, panaskan motormu sebelum dipakai. Jangan malas untuk melakukannya dari pada motor kamu turun mesin lebih sempatkan waktu beberapa menit untuk sekedar memanaskan motor kamu. Dan jangan memanasi motor dengan electric starter  tapi menggunakan kick starter untuk memanasinya di awal hari.

2. Pakai Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Memakai bahan bakar dengan oktan 90 ke atas merupakan salah satu cara merawat motor injeksi yang termudah.

Pemakaian bahan bakar beroktan tinggi bisa menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Jangan mencoba untuk memakai bahan bakar bermutu rendah sebab bisa memicu kerusakan pada komponen mesin.

3. Mengganti Oli Secara Berkala

Poin ini juga menjadi faktor penting yang tak boleh terlewat pada perawatan motor injeksi. Rutinlan melakukan penggantian oli setiap dua bulan sekali atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 km. Hindari juga mesin motor yang kekurangan pelumas (kering) sebab akan mengganggu kinerja mesin.

4. Cek Kondisi Aki

Kondisi aki motor juga penting untuk kamu perhatikan. Sebab motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Jadi, apabila kamu mempunyai motor injeksi, pastikan untuk selalu cek kondisi aki motor.

5. Merawat Busi

Selain komponen di atas, penting juga untuk memperhatikan kondisi busi. Busi merupakan pemantik api yang penting untuk proses pembakaran pada mesin. Maka dari itu, penting untuk cek busi secara berkala supaya bisa memaksimalkan pembakaran pada mesin.

Apabila busi mengalami kerusakan, proses pembakaran pada mesin tak sempurna akbiatnya mesin kurang bertenaga dan motor tak bisa menyala. Jadi, jika busi motor sudah tidak menghasilkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru.

6. Memeriksa Kondisi ECU

ECU atau Electronic Control Unit merupakan otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU berfungsi mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor.

Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pun tak bisa berjalan sempurna dan bikin motor menjadi mogok. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ECU motor kamu supaya performa motor tetap prima.

7. Lakukan Servis Secara Berkala

Servis berkala merupakan cara yang sangat penting untuk merawat kondisi motor injeksi supaya tetap prima, minimal setiap tiga bulan sekali. Usahakan untuk melakukan servis motor injeksi di tempat resmi dengan standar yang telah ditetapkan.

8. Gunakan Motor dengan Bijak

Ini harus kamu lakukan sebagai pengedara motor yang baik. Jangan kamu mengendarai motor dengan ugal-ugalan selain untuk menjaga perfoma motor kamu, juga untuk keamanan kamu dalam berkendara. Apalagi lagi untuk motor matic, menarik gas dan melepaskannya secara berulang – ulang merupakan tindakan yang tak dianjurkan oleh pabrikan motor. Jadi selalu stabilkan kecepatan supaya mesin tidak terlalu cepat panas dan tetap irit bahan bakar.

9. Cek Komponen Lainnya

Selain poin-poin di atas, kamu juga harus mengecek kondisi komponen lainnya seperti Vent Belt, Roller dan Shockbreaker.

Demikian beberapa cara merawat motor injeksi dengan mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa tetap prima.