Cara Bersihkan Busi Yang Benar

Di kala musim hujan, apalagi sampai terjadi banjir maka sering kita menjumpai atau kamu mengalami sendiri tiba-tiba motor mogok. Hal ini bisa dikarenakan busi motor kamu basah. Sebab busi yang basah karena air akan menggangu proses pembakaran mesin, akibatnya motor susah untuk dihidupkan. Tetapi kamu tidak usah khawatir dengan keadaan seperti ini, karena busi yang kotor atau basah dapat dibersihkan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Sebagai panduan awal, kamu perlu tahu kapan mestinya kamu membersihkan busi. Busi sebaiknya dibersihkan saat bagian kepalanya telah hitam. Karena kepala busi yang telah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik akibatnya kendaraan kamu susah dinyalakan. Jika kamu bingung, kamu bisa menjadikan acuan jarak tempuh kendaraan yaitu 4000 km. Karena biasanya pada jarak tersebut, busi sudah dipenuhi dengan karbon sisa pembakaran.

Daripada makin penasaran yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini;

cara bersihkan busi yang benar

Cara Bersihkan Busi Yang Benar


1. Copot busi dari tempatnya

Untuk beberapa jenis motor, mencopot busi biasanya susah dilakukan. Perhatikan ketika melepas busi jangan sampai kamu menarik kabel, sebab dapat berakibat kop busi yang akan putus. Jika kamu baru saja melewati jalanan basah, tutuplah lubang busi dengan kain kering yang bersih. Umumnya pada setiap motor baru akan disediakan kunci busi yang dapat dibawa kemana saja, supaya memudahkan kamuuntuk mengganti busi.

Kunci busi berguna untuk memudahkan kamu dalam melepas busi. Apabila kamu tidak memilikinya, kamu bisa dibeli di pasaran. Pastikan juga ketika melepas busi kondisi mesin dalam keadaan dingin.

2. Rendam busi

Jika kamu sudah mencopotnya, rendamlah busi pada wadah yang telah diisi bensin terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya kotoran yang menempel pada busi akan lebih mudah dibersihkan.

3. Pakai sikat kawat

Alat ini sangat efektif untuk menyingkirkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada busi. Namun yang perlu kamu ingat bahwa menggosok memakai sikat kawat hanya boleh di tempat yang tampak kotor saja, sebab jika tidak akan bikin permukaan busi yang tak kotor menjadi lecet. Kamu juga dapat membersihkan busi dengan memakai sikat gigi dan juga lap kering, namun waktu yang diperlukan akan lebih banyak dibandingkan memakai sikat kawat.

4. Keringkan busi

Saat kamu merasa busi sudah cukup bersih, keringkan dengan memakai lap bersih dan kering seperti kain perca atau lap microfiber, atau dapat juga memakai compressor bertekanan tinggi supaya sisa-sisa kotoran kecil yang tak tampak dapat tertiup.

Lakukan pembuangan uap air yang mungkin masih tersisa di lubang besi atau mesin sebelum memasang busi pada tempatnya. Caranya tidak mencabut kain yang dipakai untuk menutup lubang busi, kemudian coba hidupkan motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off. Lakukan secara berulang supaya sisa-sisa air dapat keluar sampai bersih.

5. Pasang kembali busi

Pada tahap inii, jangan memasukkan busi secara paksa, sebab apabila memang letaknya pas busi akan terpasang dengan mudah. Apabila kamu kesulitan dalam memasang kembali busi, kamu dapat mencari posisi lain yang tepat untuk memasukkan busi. Terakhir, tutup kop busi dengan benar dan pas.

Demikian cara bersihkan busi yang benar, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya.