Awas Jangan Salah Pilih! Berikut Tips Membeli Velg Mobil

Tips Membeli Velg Mobil - Mungkin anda termasuk orang yang mudah bosan dan mengingingkan mobil anda tampak berbeda dan bagian yang paling sering diganti adalah bagian velg. Namun perlu kalian perhatikan, mengganti velg standar mobil anda perlu perhatian khusus baik itu model atau perihal lainnya yang sangat penting.

Jika anda hanya mempunyai pengetahuan terbatas mengenai spare part atau aksesoris kendaraan biasanya sering sekali mengabaikan sisi keamanan dan hanya memperhatikan daya tariknya saja. Misal tentang batas makimum beban untuk velg, fungsi tiap velg ataupun penggantian ukuran velg yang melampaui ukuran standar sehingga membuat mobil tidak stabil.

Oleh sebab itu, anda sebagai pemilik mobil sangat perlu mengetahui informasi secara mendalam tentang kendaraan anda. Berikut ini beberapa tips membeli velg mobil yang bisa membantu anda memilih velg yang tepat untuk kendaraan anda.

tips membeli velg mobil

Tips Membeli Velg Mobil

Silahkan perhatikan beberapa faktor di bawah ini sebelum anda membeli velg mobil untuk mendapatkan pilihan yang tepat dan kualitas yang baik:

1. Batas maksimum beban velg

Setiap velg mempunyai Load Maximum (batas maksimum beban) sebab itu berat beban penting untuk disesuaikan dengan load maximum pada velg.

2. Diameter velg

Sebaiknya jangan mengganti velg dengan diameter yang terlalu besar, makimum 2 step atau dua inci lebih besar dari velg standar. Sebab penggantian velg dengan diameter lebih besar akan menjadikan mobil lebih tinggi dan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender/spakbor.
Baca juga: Komparasi Velg Comet Vs Velg Champ

3.Spesifikasi baut velg

Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah spesifikasi baut yang dibutuhkan untuk velg bersangkutan. Ada mobil yang memakai velg dengan empat baut, ada yang lima baut. Ukuran baut ini biasanya dikenal dengan istilah PCD (Pitch Circle Diameter) yang memiliki arti jarak lubang baut pada velg. PCD biasanya tertulis 4×100, 4×114,3, 5×114,3, atau 5×112. Angka “4” atau “5” berarti jumlah lobang baut, sementara angka “100”, “114,3, atau “112” menunjukkan jarak diameter antar baut dengan satuan milimeter (mm).

4. Abaikan berat velg

Faktor keempat yang perlu anda perhatikan yaitu berat velg. Berat atau ringan sebuah velg tidak menentukan produk tersebut baik atau tidak sebab pabrikan sudah menghitung keseimbangan tiap fungsi didalam mobil, termasuk velg.
Artikel menarik lainnya: Modifikasi Honda Beat Velg Jari - Jari Unik Sederhana

5. Lebar velg

Berikutnya, ketika anda memilih velg mobil, lebar dari velg sebaiknya dipertimbangkan agar tidak berpengaruh terhadap kaki-kaki. Jadi jika lebar velg terlalu ekstrim maka beresiko bibir velg atau ban menyentuh bagian dalam fender.

6. Cat dan polish velg

Apabila anda memilih velg mobil dengan cat berfinishing Polish, perhatikan dibagian ujung pertemuan antara cat dan polish. Jika ada garis halus putih, berarti telah ada bagian cat yang terkelupas.

7. Tes bunyi velg

Terakhir yang perlu anda perhatikan adalah bunyi dari sebuah velg. Untuk mengetahui mutu velg, dalam memilih velg mobil dapat dites dengan cara menggantungnya dengan karet dan memukulnya dengan obeng untuk mengetahui bunyi (dengung), velg yang bagus mempunyai bunyi halus tapi bertahan lama, sedangkan velg dengan material dan pemrosesan yang buruk akan berbunyi keras tapi dengungnya sangat singkat.

Demikian beberap tips membeli velg mobil yang bisa anda jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat.