Tips Ampuh Agar Rem Cakram Makin Pakem

Tips Ampuh Agar Rem Cakram Makin Pakem

Komponen motor yang paling penting salah satunya adalah Rem, Karena selain sebagai piranti keselamatan yang selalu, rem motor ini pasti bisa ditemukan disetiap motor, karena apa, Kenapa rem menjadi komponen yang terpenting dalam sepeda motor. Nah jawabannya sangat jelas jika tidak ada rem maka akan membahayakan pengendara.

Jadi Rem sendiri mempunyai mamfaat untuk mengurangi laju motor dan juga menghentikan laju motor. Kemudian Rem motor itu dibagi menjadi dua dan diantaranya sebagai berikut:

  1. Rem tromol “drum”.
  2. Rem cakram “disk breake”.

Rem cakram merupakan rem yang paling banyak dipakai untuk motor-motor terbaru pada saat ini. Karena sudah banyak sekali motor dari berbagai jenis dan merk sudah dibekali dengan sistem pengereman model atau jenis cakram.

Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana sih caranya supaya rem cakram atau disk break tersebut jadi semakin pakem kemudian cara mengganti yang lama dengan yang baru, Yuk mari simak ulasannya dibawah ini.

Tips Ampuh Agar Rem Cakram Makin Pakem


Dengan Mengganti Minyak Rem

Buat motor yang memakai cakram “disk break” pada umumnya pasti menggunakan minyak cakram, minyak cakram adalah piranti yang mempunyai fungsi yaitu mendorong piston untuk menekan kampas rem.

Ini biasanya minyak rem memiliki batas pemakaian, maka dari itu kalian dapat mengganti minyak rem ketika warnanya sudah kehitaman atau telah berada pada posisi lower “habis”. Harga minyak rem terbilang murah, dimulai dari harga ribuan hingga puluhan ribu, itu tergantung dari kualitas minyak rem tersebut.

Kalo kita lihat ternyata banyak juga berbagai brand yang menyediakan minyak rem ini. Dan perlu kalian ingat ketika mengganti atau mengisi minyak rem jangan sampai mengenai cat pada motor sebab akan mengakibatkan rusaknya cat motor tersebut.

Dengan Mengganti Selang Rem

Selang rem merupakan salah satu komponen dari rem cakram yang mempunyai fungsi sebagai penyalur minyak rem untuk menuju ke caliper rem. Kalian juga bisa menggunakan yang biasa standart atau yang varian racing.

Nah untuk selang rem racing kelebihanya adalah membuat daya salur minyak rem lebih cepat dan juga dapat mendongkrak tampilannya menjadi terlihat lebih garang, harga rem ini pada umumnya puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Dengan Mengganti Master Rem

Selanjutnya dari komponen rem cakram, kalian juga bisa mengganti Master Rem, perangkat yang satu ini mempunyai fungsi untuk mendorong minyak rem menuju kaliper supaya rem menjadi lebih pakem kalian bisa mengganti dengan varian racing atau dari motor lainnya, Harga master rem dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Mengganti Kaliper Cakram

Perangkat komponen rem cakram selanjutnya adalah kaliper, perangkat vital ini mempunyai fungsi atau tujuan akhir dari skema rem hidraulis dengan tugas mendorong kampas rem untuk menekan cakram. Pada umumnya kaliper rem sudah banyak di jual di toko atau bengkel. Part ini kalian bisa memakai varian part racing atau motor lainnya. Harga kaliper dari ratusan ribu hingga dengan jutaan rupiah.

Dengan Mengganti Cakram

Cakram merupakan piringan yang memiliki batasan pemakaian, maka dari itu gantilah dengan yang baru kalau memang sudah waktunya diganti atau memang memiliki keinginan untuk mengganti dengan diameter cakram yang lebih lebar dari motor kalian. Harga cakram sekitar ratusan ribu.

Dengan Rajin Merawat Cakram

Cara perawatan cakram kalian bisa melakukan dengan membersihkan rumah kaliper hingga kampas rem dengan rutin, kemudian kalian juga jangan lupa untuk check selang rem, apakah bocor atau tidak, Sebab kalau bocor maka akan menyebabkan rem blong.

Tips Ampuh Agar Rem Cakram Makin Pakem

Dengan Mengganti Kampas Rem

Kalau kalian sudah mengganti part diatas semuanya tapi hasilnya masih kurang maksimal mungkin kampas rem pada motor kalian habis, kalian bisa mengganti dengan yang baru, bisa juga menggunakan yang racing. Harga kampas rem biasanya sekitar puluhan ribu.

Ok itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, Terimakasih.