Ganti Velg Mobil? Jangan Sembarangan Modifikasi!

Memperindah tampilan mobil dengan mengganti velg mobil sebenarnya sah-sah saja. Namun sebaiknya kamu memperhatikan tingkat keamanan dari setiap tindakan yang kamu lakukan terhadap kendaraan kamu supaya tidak terjadi hal yang justru membahayakan dirimu sendiri.

Maka dari itu, jika kamu tetep nekad memodifikasi melebihi batas wajar maka sekedar mengingatkan berikut beberapa efek negatif yang terjadi apabila kamu sembarangan melakukan ganti velg mobil.

Ganti Velg Mobil

Efek Negatif Ganti Velg Mobil


1. Tidak Nyaman

Biasanya ketika mengganti velg mobil dengan diameter yang lebih lebar, maka hal yang tampak dikorbankan ialah ketebalan ban. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan kamu saat berkendara. Sebab ban akan terasa lebih keras saat lewat speed bump.

2.  Ban dan Velg Rawan Rusak 

Tentunya kamu tidak ingin ini terjadi, ya efek negatif lainnya saat kamu ganti velg mobil adalah ban menjadi rentan robek. Ini bisa lebih parah apabila dinding karet ban yang menipis, lalu menghantam pinggiran lubang di jalan. Tidak hanya itu, fungsi peredaman ban menjadi tak maksimal. Jadi ketika menghantam lubang, benturan dapat sampai ke velg dan membuatnya peyang.

3. Ban Aus Sebelah 

Saat ukuran velg ban dibikin lebih lebar, tak jarang pemilik mobil akan melakukan negative camber . Akibatnya, bagian atas ban otomatis akan masuk ke dalam fender dan bikin posisi ban menjadi miring. Alhasil, permukaan ban tak menapak sepenuhnya pada aspal.

4. Tacometer dan Odometer Menjadi Tidak Akurat

Kemudian akibat dari bobot yang bertambah dari penggantian vleg berimbas yang bisa menyebabkan tacometer dan odometer mobil tersebut, menjadi tidak akurat lagi.

5. Mentok Ketika Berbelok atau Jalan Bergelombang

Bertambah lebarnya tapak ban umumnya bisa diakibatkan dari bertambahnya diameter velg. Keadaan tersebut membuat tapak ban mentok dengan fender, terutama saat hendak berbelok dengan kecepatan agak tinggi, lewat polisi tidur atau jalan bergelombang.

6. Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar juga menjadi berlebih, alias boros. Ini merupakan imbas dari penggantian velg dengan ukuran jauh lebih besar dari standar, tentu menambah bobot kendaraan sehingga kinerja mesin menjadi sedikit lebih berat.

7. Kaki-Kaki Lebih Cepat Rusak 

Efek negatif terakhir, juga bisa bikin kaki-kaki mobil lebih cepat rusak, seperti pada komponen-komponen tie rod dan ball joint.

Demikian efek negatif ketika kamu sembarangan ganti velg mobil untuk modifikasi. Semoga artikel ini bermanfaat.