Yamaha RX King Vs Ninja RR

Yamaha RX King Vs Ninja RR. Kecepatan selalu jadi tema utama para bikers apabila berbincang mengenai motor. Siapa yang paling kencang, itu yang paling gagah.  Pencinta speed pasti kenal pada dua motor produksi Yamaha dan Kawasaki ini, RX-King dan Kawasaki Ninja. Keduanya adalah raja kecepatan di jalanan. Yamaha RX King, motor yang bertahan dalam 20 tahun lebih ini memang membuka anggapan orang pada mesin 2 langkah sebagai sebuah motor super kencang dengan digunakannya teknologi energy induction. Motor legendaris ini pun tak pernah ganti wajah hingga tahun 2008. Motor ini pun dikenal sebagai motor jambret dengan mesin cepat yang sanggup memuntahkan power hingga 18 PS. Sedangkan Kawasaki Ninja yang versi terakhirnya adalah Kawasaki Ninja RR merupakan motor andalan Kawasaki yang juga dengan mesin 2 langkah 150 cc. Motor yang lincah dan gesit ini mempunyai warna khas Kawasaki yaitu hijau muda. Berikut komparasi kedua motor ini :

Yamaha RX King Vs Ninja RR

Yamaha RX King Vs Ninja RR


Spesifikasi Yamaha RX King dari versi pertama hingga sekarang tak banyak perubahan yang dilakukan. Mesin masih setia menggunakan kapasitas 135 cc. Begitupun dengan tampilan bajunya yang relatif sama dengan pendahulunya. Namun saat ini Yamaha RX King sudah tak diproduksi lagi oleh pihak Yamaha, namun tetap saja banyak orang yang mencarinya. Berikut adalah data spesifikasi mesin Yamaha RX King :

  • Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
  • Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
  • Kapasitas Silinder : 132 cc
  • Rasio Kompresi : 6,9 : 1
  • Kopling : Manual, Basah, Multiplat
  • Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
  • Daya puncak : 18,5 PS pada 9.000 RPM
  • Torsi puncak : 1.54 Kgf.m pada 8.000 RPM

Kawasaki Ninja adalah salah satu motor paling laku dari produk Kawasaki. Suara knalpot yang garing yang disemburkan oleh mesin 150 cc mampu memberikan tenaga hingga 30,1 HP. Motor yang kebanyakan berkelir ijo ini mempunyai model layaknya motor balap. Model knalpot yang menungging dan posisi berkendara yang agak merunduk menjadikan motor ini terlihat gagah di jalanan. Apalagi versi paling baru Kawasaki Ninja RR sudah dilengkapi dengan rem cakram depan belakang membuat motor kencang ini tetap aman dikendarai. Berikut adalah spesifikasi mesin Kawasaki Ninja RR :

Yamaha RX King Vs Ninja RR 2014

  • Tipe Mesin : 2 Langkah, Crankcase Reed Valve, KIPS, RIS
  • Diameter x Langkah : 59.0 x 54,4 mm
  • Kapasitas Silinder : 148 cc
  • Rasio Kompresi : 7,2 : 1
  • Daya puncak     :  22,1 KW (30 PS) pada 10.500 rpm
  • Torsi puncak     :  2,2 kgfm pada 9000 rpm
  • Jumlah Transmisi : 6 Tingkat Kecepatan, constant mesh, return shift

Akselerasi RX King sangat terkenal responsif, plintir grip gas langsung saja motor loncat. Lihat saja torsi maksimum yang bisa diraih motor Raja ini yang mencapai 1.54 Kgf.m. Namun jangan dibandingkan dengan akselerasi Kawasaki Ninja RR yang mencapai 2.2 Kgf.m. Kedua motor mempunyai cc yang berbeda, RX King 135 cc sedangkan Kawasaki Ninja 150 cc. Top speed yang mampu diraih oleh RX King adalah sekitar 160 km/jam untuk kondisi standar sedangkan top speed Kawasaki Ninja RR 150 standar pabrik mencapai 170 km / jam.

Jangan tanyakan apakah kedua motor ini irit BBM. Motor dengan cc besar tentu lebih boros bensin. Coba saja tengok, konsumsi BBM Kawasaki Ninja berkisar 30 km/liter dan oli samping kurang lebih 2000 km/botol. Sedangkan konsumsi BBM RX King masih bisa mencapai 35 km per liter bensin dengan kebutuhan oli samping yang hampir sama.

Harga Kawasaki Ninja RR berfairing berkisar 34 sampai 35 jutaan, namun yang tanpa fairing tipe R (L,N) berkisar  26,9 juta dan tipe N 26,7 juta. Varian warna yang tersedia adalah hijau, merah, hitam dan putih.  Keempatnya menerapkan dual tone colour selain pure black yang cukup dengan warna hitam gelap.  Harga RX King yang sudah discontinued hanya tersedia sekennya. Untuk RX King tahun produksi 2005 masih mencapai 9,5 jutaan dengan pilihan warna hitam, biru dan merah.

Bagikan ke