Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Bila di suruh memilih Honda Supra X125 atau Suzuki New Shogun 125, anda pilih yang mana? Spesifikasi Supra X 125 dan New Shogun 125 hampir sama dengan mengusung mesin 125 cc. Kedua merek motor itu pun didukung teknologi terkini, yaitu PGM-FI pada Honda Supra X 125 dan Hyper Injection FI untuk New Shogun 125. Bila Anda berminat dengan bebek-bebek tersebut, boleh jadi hasil uji yang lengkap dapat memberi anda pilihan yang tepat.

Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Akselerasi Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Untuk power, New Shogun 125 memiliki power puncak mencapai 10,19 dk yang diraih di 8.500 rpm. Sedangkan Supra X 125 cuma mencapai 9,67 dk di 7.500 rpm, akan tetapi dapat melaju duluan karena ditunjang torsi yang 0,99 kgf.m dicapai di 5.000 rpm. Artinya akselerasi Supra X 125 ini lebih unggul disbanding New Shogun. Suzuki Shogun kalah gesit karena torsi yang lebih besar yaitu 1,02 kgm.f diperoleh di 5.500 rpm. Kini kita coba handling dari kedua motor ini. Kedua motor memiliki sifat yang nyaris sama dikarenakan jarak sumbu roda hanya selisih 24 mm. Jika Supra X 125 memiliki panjang 1.242 mm dan Shogun hanya panjang 1.220 mm. Bila digunakan untuk bermanuver pada tikungan, kedua motor sama mantapnya. Begitupun untuk digunakan meliuk-liuk di keruwetan lalu lintas begitu lincah, melintasi jalan bergelombang, kecepatan kedua motor tetap stabil. Kenyamanan ini didukung penggunaan peredam kejut yang bagus.

Baik itu Supra X 125 ataupun New Shogun 125 keduanya terpasang mekanisme disk brake di roda belakang. Cuma saja untuk pemakai Supra, saat terjadi pengereman yang mendadak, kendalikan badan agar tak terdorong ke depan. Pemicunya adalah kulit jok yang licin tanpa hiasan.
Shogun 125cc Vs Supra X 125cc

Spesifikasi Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Sekarang kita berganti pada spesifikasi yang paling kentara, sebab dari segi model, kedua motor bebek ini menggunakan aliran yang serupa, terlihat futuristik dan sporty. Kemiripan lain, untuk mekanisme performa injeksi dengan simbol FI untuk spidometer dan terpasang key shutter lock dengan begitu motor aman dari tangan tangan jahil. Malah mesin New Shogun 125 ini tidak bakalan menyala tatkala di-starter ataupun diengkol dengan tidak disertai menarik tuas rem.

Konsumsi BBM Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Konsumsi BBM Supra X 125cc Vs Shogun 125cc

Lantas dari konsumsi bahan bakar, motor mana nih yang paling hemat? Boleh jadi dengan diuraikan kelebihan sistem injeksi bahan bakar Shogun 125 dan Supra X 125 PGM-FI, Anda dapat mengira-ira sendiri. Seperti telah diuraikan, kedua motor dipersenjatai mekanisme injeksi, naga-naganya Anda pengin tahu kepanjangan PGM Honda Supra X 125 ini yaitu Programmed Fuel Injection. Mekanisme fungsi injeksi pada Supra menggunakan indirect injection, maksudnya dikelola oleh alat Engine Control Module (ECM), hasilnya memberikan pengkabutan bahan bakar di luar combustion chamber dan terjadilah pembakaran yang sempurna.

Shogun 125 juga demikian, cuma pompa injector serta regulator tak terdapat di dalam tangki layaknya pada Supra, namun terpasang  pada nosel injector yang tertata menjadi satu bersama throttle body dan menjurus menuju lubang intake. Kabarnya, mekanisme injeksi yang dimiliki Shogun ini lebih baik sebab sirkulasi bahan bakar yang diinjeksi tak memperoleh banyak tekanan, ketimbang mesti melalui slang sebelum menuju injector. Dengan begitu mesin motor susah menyala bila slang terjepit atau menumpuknya kerak lebih gampang ditangani. Di samping itu, Shogun Hyper Injection ditunjang Throttle Position System (TPS) serta Intake Air Presure Sensor (IAPS) yang berkaitan langsung pada ECM. Meski demikian, Shogun dan Supra X 125 sama-sama suka bensin tanpa timbel atau premium TT.

Bagaimana sobat VMT perbandingan Supra X 125cc Vs Shogun 125cc? Bingung ya pilih yang mana? Keduanya memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga artikel saya tentang Supra X 125cc Vs Shogun 125cc membantu kalian buat nentuin pilihan sobat.

Bagikan ke