Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger. Kehadiran Bajaj Pulsar sedikit banyak ikut memberikan alternatif bagi para bikers penyuka motor laki. Dengan tampilan naked bike bergaris tegas ditambah bodi kompak dapat membuat orang tercengang. Motor yang berasal dari pabrikan asal India Bajaj ini hadir dengan beberapa varian Bajaj Pulsar yaitu tipe 135 LS, 180 dan 200 NS. Walaupun sebagai pemain baru Bajaj Pulsar ternyata sangat percaya diri dengan produk mereka. Bajaj Pulsar tipe 200 NS yang mempunyai kapasitas meesin 200 cc dipasarkan untuk mengisi kelas cc tersebut yang selama ini dihuni Honda Tiger dan Yamaha Scorpio. Honda Tiger sendiri sudah lama eksis yaitu sejak rilis pertama tahun 2000.

Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Spesifikasi Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Bajaj Pulsar tampil dengan hadirnya panel Speedometer digital yang membuatnya terlihat lebih modern dibanding Honda Tiger yang masih menggunakan panel Speedometer model analog. Hadlamp pada Bajaj Pulsar memakai lampu proyektor dengan fokus cahaya lebih bagus dan lebih terang. Honda Tiger sendiri masih menggunakan lampu konvensional berbentuk bulat. Bajaj Pulsar menggunakan suspensi depan teleskopik 130 mm serta suspensi belakang menggunakan Nitrogen travel 90 mm yang membuatnya tetap empuk namun tetap stabil dikendarai. Honda Tiger menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang memakai lengan ayun pegas ganda menggunakan tabung oli. Untuk cakram depan Bajaj Pulsar memakai diamter 260 mm dan cakram belakang memakai diameter 230 mm. Pada Honda Tiger memakai cakram hidrolik berpiston ganda dan pengereman belakang pun sudah mengadopsi cakram dengan diameter lebih kecil.

Membahas mengenai spesifikasi mesin Bajaj Pulsar, berikut adalah datanya :
  • Tipe : 1 silinder 4 tak 220 cc 
  • Diameter x langkah : 67 x 62,4 mm 
  • Perbandingan kompresi : 9,5 : 1 
  • Power puncak : 21,4 PS pada 8.500 rpm 
  • Torsi puncak : 19,12 Nm pada 7.000 rpm 

Sedangkan spesifikasi mesin Honda Tiger, berikut datanya :
  • Tipe : 1 silinder 4 tak 196,9 cc 
  • Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm 
  • Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1 
  • Power puncak : 16,7 PS pada 8.500 RPM 
  • Torsi puncak : 1,60 kg.m pada 7.000 RPM

 
Komparasi Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Top Speed Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Mencermati data di atas, di atas kertas jelas Bajaj Pulsar 200 NS berada di atas angin baik itu pencapaian tenaga puncak maupun torsi maksimum yang mampu diraih. Top speed yang mampu diraih oleh Bajaj Pulsar ini mencapai 133 km/jam sedangkan untuk Honda Tiger hanya mencapai 125 km/jam. Akselerasi Bajaj Pulsar sendiri untuk mencapai jarak 100 m tercatat waktu 6,9 detik dan untuk Honda Tiger hanya mencatatkan waktu 7,1 detik. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam Bajaj Pulsar hanya butuh waktu 3,7 detik dan Honda Tiger membutuhkan waktu 4,3 detik.

Spesifiaksi Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Konsumsi BBM Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Konsumsi bahan bakar pada Bajaj Pulsar ini mencapai 48 km untuk satu liter bensin, lebih irit dibanding Honda Tiger yang hanya dapat menempuh jarak 35 km untuk satu liter bensin. Keiritan Bajaj Pulsar ini diduga karena sistem pengapian yang menggunakan 2 busi atau disebut DTS-i yang membuat pengapian menjadi sempurna sehingga bahan bakar menjadi irit walau dengan cc besar.

Perbandingan Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Perbandingan Harga Bajaj Pulsar Vs Honda Tiger

Berbicara masalah harga baru, Honda Tiger dilepas dengan harga 25,6 juta OTR sedangkan Bajaj Pulsar baru dijual dengan harga 20 jutaan. Terpaut 5 jutaan tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para biker yang sedang mencari motor sport dengan harga murah. Bajaj Pulsar memberikan alternatif 4 pilihan warna yaitu kombinasi Passion Red-Ebony Black, Saffire Blue-Ebony Black, Metallic White-Ebony Black dan Solid Black. Adapun Honda Tiger pun tampil dengan 4 pilihan warna yaitu Trust Violet, Unity Black, Respect Red dan Loyal White.

Bagikan ke