Yamaha Nuvo Vs Skywave

Yamaha Nuvo Vs Skywave. Masa keemasan motor matic tengah berlangsung saat ini. Sejumlah pabrikan motor mengeluarkan motor versi matic mereka masing masing. Yamaha dengan Mio dan Nuvo Z, Honda dengan Beat dan Vario dan Suzuki dengan Spin dan Skywave. Yamaha Nuvo dan Suzuki Skywave mempunyai basis mesin yang hampir sama yaitu Nuvo dengan kapasitas mesin 113 cc sedangkan Skywave dengan mesin 125 cc.

Yamaha Nuvo Vs Skywave

Perbandingan Spesifiaksi Yamaha Nuvo Vs Skywave

Spesifikasi Yamaha Nuvo dan Suzuki Skywave dari sisi tampilannya pun hampir serupa yaitu keduanya mempunyai headlamp dengan dua lampu besar di depan bawah sedangkan pada bagian stang batok polosan. Urusan kaki kaki Yamaha Nuvo Z dan Skywave sama sama menggunakan pelek dengan ukuran 16 inch. Di samping menggunakan double shock belakang, ukuran roda 16 inch lebih dapat diandalkan dalam hal kestabilan ketika melaju. Kedua bagasi motor matic pun lumayan lega dengan begitu bisa dimasukkan helm full face. Cuma saja ada perbedaan cara menaruhnya. Nuvo Z bisa menyimpan helm dengan arah terbalik. Sedangkan Suzuki Skywave kudu dengan arah menyamping.  Posisi tangki bensin kedua motor pun sama yaitu diposisikan di bagian belakang. Untuk box filter udara pada Yamaha Nuvo Z ditempatkan dengan apik di bawah backbone. Pada Skywave terlihat kehabisan tempat hingga menempatkannya di luar bodi motor yakni di atas cover CVT.  Kunci kontak pada Skywave sudah dilengkapi dengan pengaman yang sekaligus juga bisa membuka bagasi. Sehingga tak usah susah susah membuka kunci jok yang seringnya tersedia di bagian samping.

Spesifikasi mesin Yamaha Nuvo Z :

  1. Tipe Mesin : 4 langkah SOHC
  2. Diameter x Langkah : 50 mm x 57,9 mm
  3. Kapasitas silinder :    113,7 cc
  4. Perbandingan kompresi : 8,8 : 1
  5. Torsi puncak : 7,84 N-m (0,88 kgf.m) pada 7.000 rpm
  6. Daya puncak : 6,54 km (8,9 ps) pada 8.000 rpm

Spesifikasi mesin Suzuki Skywave :

  1. Tipe Mesin :    4 langkah, SOHC
  2. Diameter x Langkah : 53,5 mm x 55,2 mm
  3. Kapasitas Silinder : 124 cc   
  4. Perbandingan Kompresi : 9,6 : 1
  5. Daya puncak : 9.6 Hp pada 8000 rpm
  6. Torsi puncak : 1.0 Kg-m pada 6000 rpm
Perbandingan Yamaha Nuvo Vs Skywave


Untuk akselerasi sepertinya Suzuki Skywave lebih unggul dari Yamaha Nuvo dilihat dari torsi maksimum yang mampu dihasilkan Skywave yang mencapai 1.0 Kg-m pada 6000 rpm sedangkan Nuvo hanya 0,88 kgf.m pada 7.000 rpm. Kecepatan Yamaha Nuvo untuk top speed mencapai 120 km/jam sama seperti kecepatan Suzuki Skywave yang top speed-nya juga mencapai 120 km/jam.

Untuk penggunaan harian tentunya banyak orang akan memilih motor dengan konsumsi BBM yang hemat. Lalu bagaimana konsumsi BBM kedua motor matic ini? Dengan kapasitas mesin yang 113 cc Yamaha Nuvo untuk satu liter bensin mampu menempuh perjalanan sejauh 38 km. Adapun untuk Suzuki Skywave yang ber-cc 125 mampu menempuh jarak 45 km untuk satu liter bensin. Namun itu semua tergantung dari kondisi jalan dan cara berkendara. Cara berkendara main plintir dengan tiba tiba dan tidak diurut dengan pelan pelan tentu akan membuat bensin makin boros.

Lalu berapa harga untuk kedua motor ini? Yamaha Nuvo adalah produk lama yang saat ini sudah discontinued oleh pabrikan Yamaha. Jadi anda hanya bisa memiliki motor ini dalam kondisi seken. Harga Yamaha Nuvo seken tahun 2003 berkisar 4,1 juta.Lumayan murah untuk motor matic tangguh sekelas Nuvo. Varian Yamaha Nuvo sendiri meliputi warna biru, hitam dan merah. Harga Suzuki Skywave baru untuk tipe Suzuki Sky Wave CW: Rp 14.100.000, Suzuki Sky Wave NR: Rp 14.300.000 dan Suzuki Sky Wave NR SR: Rp 14.500.000 dengan 5 pilihan warna yaitu max orange black,  autum red black,ice silver, ice silver black dan black medium blue.

Bagikan ke