Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc

Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc. Tak banyak pengguna motor Supersport kelas menengah di jalanan Indonesia. Kawasaki Ninja 250 cc dan Honda CBR 250 cc adalah dua contoh Supersport kelas menengah yang mempunyai keunggulan tersendiri baik itu teknologi yang dipakai atau tampilan luarnya yang gagah. Ninja 250 merupakan keluarga tergres Ninja menggunakan full fairing. Sedangkan Honda CBR 250 cc adalah sebuah Supersport yang syarat dengan teknologi canggih khas pabrikan Honda. Ayo kita intip kedua motor ini.

Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc


Spesifikasi Ninja 250 cc ini cukup mumpuni. Berbekal mekanisme pengabut bahan bakar fuel injection system 249 cc liquid cooled, single silinder, 4 klep DOHC. Pihak Kawasaki mengklaim mesin anyar pada Ninja 250 cc bertenaga di semua RPM mulai bawah, tengah maupun atas. Hal tersebut karena rancangan mesin terutama area valve yang menjadikan mesin sanggup berteriak pada RPM tinggi. Ciri khas mesin 4 tak ialah akselerasi responsif namun merosot di kecepatan atas. Nah inilah hebatnya para ahli di Kawasaki yang berupaya menjaga performa supaya power tak nge-drop dengan mendadak. Rangka Ninja 250 ini disebut sebagai all new generation. Merupakan sasis atau frame yang saat ini dipenuhi model teralis. Maksud model tersebut ialah agar memperoleh berat yang ringan dan kompak dengan begitu handling akan ringan.  Memakai bahan high tensile steel berdiameter tabung 31.8 mm membuat frame rigid akan tetapi ramping. Peredam kejut Unitrak hadir juga pada Ninja 250 ini. Memakai link cushion dengan ukuran tabung shockbraker belakang 37 mm dan terdapat 5 adjustable type. Ninja 250 cc pun dilengkapi speedometer full digital. Seluruh detil RPM, tachometer, odometer, trip meter, jam, konsumsi BBM tertera secara digital. Menggunakan single headlamp dengan lampu halogen 55 w.

Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc

 
Spesifikasi Honda CBR 250 cc pun tak kalah lengkap dibanding Ninja 250 cc. Dilengkapi Powerfull Liquid Cooled Single Silinder mesin 249.4 cc menggunakan dual overhead camshaft dan 4 katup dengan torsi yang besar dan kecepatan yang spektakuler. Tak ketinggalan Advanced PGM-FI fuel injection untuk respon throttle dan keiritan bahan bakar. Menggunakan rangka baja Double Diamond dan garpu teleskopik 37 mm dan Pro-Link. Peredam kejut belakang monoshock untuk kestabilan berkendara. Full Fairing yang sangat Stylish. Teknologi pengereman C-ABS untuk pengereman di semua kondisi secara aman. Panel digital meliputi informasi speedometer, tachometer, displai suhu mesin, pengukur bahan bakar dan odometer.

Ninja 250 cc mempunyai kelebihan pada sisi power dan berat yang lebih ringan dengan begitu akselerasi Ninja 250 cc lebih responsif daripada akselerasi Honda  CBR 250. Namun power  Ninja 250 ini dikail di RPM yang lebih tinggi, dengan begitu akselerasi pada tenaga bawah masih unggul Honda CBR 250. Torsi Honda CBR 250 lebih besar yang didapat di RPM lebih rendah. Berdasarkan data resmi, kecepatan Ninja 250 cc mencapai 153 km/jam. Adapun kecepatan Honda CBR 250 cc mencapai top speed 162 km/jam.

Motor dengan cc besar yang mencapai 250 cc sudah pasti tak irit bensin jika disandingkan dengan motor bebek berkapasitas 125 cc. Namun dengan penggunaan teknologi Fuel Injection pastinya penggunaan BBM sedikit banyak akan lebih irit. Konsumsi BBM Honda CBR 250 cc mencapai 27,5 km untuk satu liter bahan bakar yang digunakan. Sedangkan konsumsi BBM Kawasaki Ninja 250 cc lebih boros sedikit dengan hanya mampu menempuh jarak 21 km untuk tiap liter bahan bakar.

Perbandingan Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc

Harga Ninja 250 cc ternyata lebih mahal dibanding harga Honda CBR 250 cc. Ninja 250 cc yang versi non ABS F1 dibanderol pada harga 52 jutaan dan untuk versi ABS F1 57 jutaan. Tersedia dengan 4 varian warna yaitu putih, merah, hijau dan kuning. Sedangkan harga Honda CBR 250 untuk tipe ABS hanya 41 jutaan dan tipe ABS mencapai 47 jutaan yang tersedia dengan 4 varian warna yaitu red passion, white racing, black knight dan edisi repsol.

Bagaimana sobat ulasan tentang Ninja 250cc Vs Honda CBR 250cc? Semoga membantu kalian buat nentuin pilihan. Jangan lupa baca artikel komparasi lainnya.

Bagikan ke