Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Motor jenis bebek merupakan sepeda motor kecil yang dibuat menggunakan kerangka yang mayoritas tersusun dari pipa dengan diameter besar. Rancangan tersebut kadangkala populer dengan rancangan step through. Kendati letak tangki bahan bakar serta spakbor di motor bebek menjadikannya seperti skuter namun roda, letak mesin maupun transmisi lebih serupa dengan model sepeda motor konvensional. Meski terdapat perbedaan pokok dalam hal rancangan terkadang motor bebek dijual dalam kelas skuter di negara barat. Motor bebek begitu favorit di seantero dunia, namun pada wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara terutama model motor bebek begitu menguasai pasaran motor murah dengan kemudahan pemakaian layaknya skuter , bentuk yang pas untuk laki-laki ataupun perempuan, dan handling yang mudah dan aman.

Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Mesin Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Rasanya tak imbang jika harus membandingkan motor Honda Supra X 125 dengan motor Suzuki Smash 110. Dari kapasitas mesin saja sudah beda,Supra X berkapasitas 125 cc dan Smash hanya 110 cc beda 15 cc. Secara teori kecepatan Supra X 125 pasti lebih unggul dari Smash. Bandingkan saja si Smash yang hanya mempunyai daya puncak pada 7,7 ps di 7.000 rpm dan torsi puncak 0,81 kg-m di 5.500 rpm. Supra X 125 jelas lebih unggul dalam akselerasi dengan daya puncak  9,3 PS di 7.500 rpm dan torsi puncak 1,03 kgf.m / 4000 rpm. Pastinya bila diadu Supra X 125 akan ngacir duluan karena mempunyai torsi lebih besar pada putaran mesin lebih rendah.

Perbandingan Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Spesifikasi Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Walaupun Smash hanya memakai volume silinder 110 cc namun untuk penggunaan harian cukup bertenaga. Memanfaatkan teknologi SAPECS (Suzuki Advanced Power Enggament Clutch System) yang berguna untuk meminimalisir hentakan ketika motor mulai melaju maupun ketika oper gigi. Memakai teknologi SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System), yang mampu meredakan panas sekaligus gesekan mesin. Sehingga daya tahan dan power mesin tetap terjaga. Memakai suku cadang Suzuki Economy and Power Intake System (SEPIS), yang bisa menurunkan konsumsi bahan bakar dan polusi, sekaligus menambahkan power akselerasi pada jalan menanjak. Rantai mesin pada Smash ini memakai tipe Silent Cham Chain tanpa adanya suara berisik dan mesin terdengar halus. Terpasang penyetel rantai otomatis dengan begitu rantai senantiasa pada kekencangan yang pas. Memakai silinder dari bahan Aluminium, akibatnya kerja mesin lebih ringan, menciptakan getaran rendah dan irit bahan bakar. Keunggulan lain silinder Alumunium ini ialah dapat membuang panas lebih bagus dan awet. Tak ketinggalan Smash juga memakai air filter dengan ukuran 2.8 Liter, lebih besar apabila dibandingkan kepunyaan motor lain yang cuma berkapasitas 1.8 liter. Hal tersebut akan menunjang efisiensi pembakaran mesin dan memastikan mesin memperoleh udara cukup. Perolehannya, kinerja mesin halus dan bertenaga.

Konsumsi BBM Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Konsumsi BBM Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Lalu bagaimana dengan tingkat konsumsi bahan bakar kedua motor ini? Supra X 125 dengan cc lebih besar dapat melibas lintasan sepanjang 57 km dengan 1 liter bahan bakar, adapun Suzuki Smash dapat melalui lintasan sepanjang 57,4 km per liter bahan bakar. Hampir sama dalam hal keiritannya. Namun Smash unggul dalam kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 4,3 liter dibanding kepunyaan Supra X 125 yang hanya 3,7 liter.

Varian Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Honda Supra X 125 yang tampil lewat 2 tipe yakni Honda Supra X 125 STD dan Honda Supra X 125 CW. Honda Supra X 125 STD mempunyai 3 pilihan warna yakni Black Silver,  Black Red dan Black Blue. Sementara Honda Supra X 125 CW tampil dengan 4 pilihan warna yakni  Black Red, Black Green, Black Blue dan Black Silver. Bagaimana dengan Smash? Pada versi awal Smash hanya mengeluarkan 3 warna solid yaitu merah, biru dan hitam. Namun dengan produk baru Smash Titan 115 pihak pabrikan mengeluarkan sampai 9 variasi warna.


Perbandingan Harga Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc

Untuk yang berkantong tipis sebaiknya memilih Suzuki Smash 110 yang harga barunya cukup dibanderol 12 jutaan, jauh lebih murah dari Supra X 125 yang paling murah saja dibanderol pada harga 15 juta lebih. Terpaut 3 jutaan tentu menjadi pertimbangan sendiri untuk lebih memilih motor Smash.
Bagaimana sobat VMT? Semoga artikel tentang  Supra X 125 cc Vs Smash 110 cc ini bermanfaat bagi sobat VMT sekalian.Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke