Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro. Semenjak kehadirannya kali pertama di tanah air kurang lebih tahun 2004, Suzuki Thunder 125 sukses memenangkan hati para pengendara motor laki laki lewat harga yang cukup terjangkau dan mempunyai rancangan kekar. Kendaraan ini dapat sebagai jawaban bagi kalangan bikers yang rindu dengan motor laki yang dikenal berharga tinggi. Di samping itu kunci keberhasilan motor ini pasti lah tidak lepas dari reputasi Suzuki yang terkenal dengan produk yang modern ,cepat ,hemat bahan bakar dan awet sampai bertahun-tahun. Lalu bagaimana bila Suzuki Thunder ini dibandingkan dengan Honda Mega Pro keluaran pabrikan Honda?

Honda sekarang ini boleh dibilang berhasil untuk setiap produknya, khususnya hal rekor penjualan. Selalu saja muncul terobosan terbaru yang salah satunya adalah kehadiran Honda New Megapro. Kendaraan roda dua tipe laki laki ini adalah motor tangguh dan pas untuk kawula muda dengan rancangan street fighter dan memakai sedikit striping yang terdapat pada sisi kanan dan kiri motor.

Spesifikasi Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Bila kita ingin membandingkan kedua motor, coba simak dulu spesifikasi kedua motor berikut ini : Spesifikasi mesin Suzuki Thunder 125 adalah menggunakan mesin 4 Langkah, SOHC 125 cc dengan diameter x langkah : 57.0 mm x 48.8 mm ,Power puncak mencapai 11,2 PS / 9.000 rpm, Torsi puncak mencapai 9,4 N.m / 7.500 rpm, rasio kompresi mencapai 10,5 : 1. Sedangkan spesifikasi mesin Honda Mga Pro adalah sebagai berikut : memakai mesin     4 Langkah SOHC 149,2 cc dimana diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm, rasio kompresi mencapai 9,5 : 1, power puncak mencapai 13,7 PS/8.500 rpm, torsi puncak mencapai 1,31 kgf.m / 6.500 RPM. Melihat data tadi dapat diambil kesimpulan secara teoritis Honda Mega Pro unggul dari Suzuki Thunder. Perbedaan cc motor yang mencapai 25 cc tentunya menjadi sebab utama. 

Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Akselerasi Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Akselerasi dari Suzuki Thunder jelas kalah dibanding Honda Mega Pro dilihat dari torsi maksimum Suzuki Thunder yang hanya mencapai 9,4 N.m / 7.500 rpm sedangkan Mega Pro mencapai 13,1 N.m / 6500 rpm. Top speed yang mampu dicapai Honda Mega Pro mencapai 116 km/jam sedangkan Suzuki Thunder hanya mencapai 97km/jam. Jauh sekali bedanya. Di samping kalah dalam kapasitas silinder, juga pada Suzuki Thunder memakai limiter pada CDI-nya sehingga nafas seperti ditahan dan dibatasi.

Konsumsi BBM Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Lalu bagaimana dengan keiritan kedua motor ini? Untuk motor Suzuki Thunder ini satu liter ternyata dapat menempuh jarak 63,9 km. Sangat irit untuk sebuah motor sport. Sedangkan untuk Honda Mega Pro, satu liter bensin bisa untuk mencapai jarak 45 km. Bagi anda yang mencari motor laki dimana keiritan bensinnya adalah pertimbangan utama tentu akan memilih Thunder ini. Cocok untuk penggunaan harian seperti ke tempat kerja, kuliah, maupun sebagai salesman yang harus keliling keliling setiap hari.

Komparasi Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Harga Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Seperti disebut di atas, Suzuki Thunder 125 adalah motor sport dengan harga paling murah. Dengan banderol harga baru OTR sekitar 15, 45 juta Rupiah jauh lebih murah dibanding harga Honda Mega Pro yang mencapai 19,4 juta OTR untuk tipe spoke dan kisaran 20 sampai 21 juta untuk tipe racing. Anda dengan dana pas pasan tentu akan memilih Thunder 125 ini.

Varian Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro

Suzuki Thunder 125 hadir dengan beberapa pilihan warna yaitu biru, merah dan hitam. Sedangkan New Honda Mega Pro launching ke pasar motor Indonesia dengan pilihan warna yaitu Strong Silver, Brave Black, Brace Blue dan Renegade Red.  Namun agaknya untuk Suzuki Thunder ini belum ada rilis tampilan baru sedang Honda mega Pro sudah hadir model baru New Mega Pro dengan tampilan yang makin gagah.

Semoga artikel kami seputar perbandingan Suzuki Thunder Vs Honda Mega Pro bisa menjadi referensi sobat sekalian untuk membandingkan kedua motor sport tersebut.

Bagikan ke