Honda Vario Vs Skywave

Honda Vario Vs Skywave. Persaingan motor matic benar benar sengit dengan hadirnya varian baru motor matic yang di-launching oleh beberapa pabrikan.  Honda dengan Honda Vario malah sudah memasuki generasi ketiga. Dan tak ketinggalan Suzuki dengan Suzuki Skywave 125 ikut meramaikan pasar.  Bila dikomparasi antara Honda Vario dan Suzuki Skywave, mana yang lebih unggul?.

Honda Vario Vs Skywave

Honda Vario Vs Skywave

Melihat spesifikasi Honda Vario lama menggunakan mesin 110 cc, SOHC dengan radiator, sementara Skywave 125 cc dengan pendingin udara. Untuk Honda Vario tipe CBS sudah terpasang teknologi CBS (Combi Brake system) dan parking brake lock. Keunggulan teknologi CBS yakni hanya dengan menarik tuas rem kiri rem maka rem depan pun bekerja sehingga benar benar safety. Sedangkan Skywave masih menggunakan sistem pengereman biasa.  Parking brake lock pada Vario bermanfaat menjadi rem tangan, menghindarkan motor loncat ketika menyalakan mesin, sehingga nyaman ketika parkir ataupun berhenti pas di tanjakan. Juga adanya Side Stand Switch yaitu mesin tak dapat dihidupkan ketika standar samping belum dinaikkan dengan begitu mencegah resiko kecelakaan. Tak ketinggalan pengaman kunci kontak magnet otamatis. Spesifikasi Skywave untuk rangka dan suspensi sudah bertipe dual shock, dengan begitu makin stabil, nyaman, aman ketika melaju dan bermanuver di tikungan. Skywave memakai velg 16 inch yang pasti lebih tangguh dan terkendali ketimbang velg 14 inch kepunyaan Vario.

Berikut adalah spesifikasi mesin Skywave :

  • Tipe Mesin :    4 langkah, SOHC
  • Diameter x Langkah : 53,5 mm x 55,2 mm
  • Kapasitas Silinder : 124 cc   
  • Perbandingan Kompresi : 9,6 : 1
  • Daya puncak : 9.6 Hp pada 8000 rpm
  • Torsi puncak : 1.0 Kg-m pada 6000 rpm

Spesifikasi mesin Honda Vario :

  • Tipe mesin : 4 Langkah SOHC
  • Diameter x langkah :    50 x 55 mm
  • Kapasitas Silinder : 108 cc
  • Perbandingan Kompresi : 10,7 : 1
  • Daya puncak : 8,99 PS / 8000 rpm
  • Torsi puncak : 0,86 kgf.m / 6500 rpm
Perbandingan Honda Vario Vs Skywave


Melihat data spesifikasi mesin kedua motor di atas terlihat bahwa akselerasi Skywave lebih responsif bila dibanding akselerasi Honda Vario. Lihat saja Skywave mempunyai momen puntir maksimum pada 1.0 Kg-m pada 6000 rpm sedangkan Honda Vario hanya 0,86 kgf.m / 6500 rpm.  Lanjut pada kecepatan kedua motor. Top speed yang mampu digapai oleh Honda Vario 110 cc ini hanya 110 km/jam sedangkan top speed Suzuki Skywave bisa dibejek sampai 120 km/jam. Selisih kapasitas mesin yang mencapai 15 cc kemungkinan adalah penyebabnya.

Motor matic identik dengan konsumsi BBM yang boros. Lalu bagaimana dengan kedua motor ini? Dari hasil pengujian diperoleh bahwa konsumsi BBM Honda Vario 110 cc untuk 1 liter bensin ternyata mampu mencapai jarak 40,9 km/jam. Sedangkan konsumsi BBM Skywave mampu mencapai jarak 45 km/jam untuk satu liter bensin. Walaupun Skywave dengan cc lebih besar ternyata konsumsi BBM-nya malah lebih irit. Namun itu semua tergantung juga dari gaya berkendara, medan jalan dan jenis BBM yang digunakan.

Honda Vario sudah memasuki generasi ketiga dengan keluarnya Honda Vario Techno 125 cc F1 yang dibanderol dengan harga 16,7 juta OTR Jakarta. Vario tipe terbaru ini sudah menggunakan teknologi Fuel Injection untuk menunjang keiritan bahan bakar. Mempunyai 5 varian warna yaitu Black, Red, White Blue, White Red dan White Silver. Sedangkan harga baru Suzuki Skywave berkisar pada 14 jutaan yang hadir juga dengan 5 pilihan warna yaitu max orange black,  autum red black,ice silver, ice silver black dan black medium blue. Nah, selamat memilih!

Bagikan ke