Perbandingan Astrea Grand Vs Legenda

Perbandingan Astrea Grand Vs Legenda. Di tahun 1999 otoritas pemerintah membuat paket kebijakan Deregulasi Otomotif yang berakibat serbuan sepeda motor dari China yang dijual berharga murah. Mayoritas motor China tersebut dibuat dengan model yang serupa produk motor dari Honda. Berdasarkan statistik yang didapat dari Ditjen ILMEA, motor China tersebut dijual di Indonesia dengan membawa kurang lebih 300 merek. Harga jualnya pun benar-benar mengesankan pembeli saking murahnya. Misal saja motor China kembaran Astrea Supra sudah bisa dituntun pulang dengan menembusnya seharga 6 jutaan. Guna mengisi pasar yang kian berkembang dan menghadang motor China, di tahun 2001 pabrikan Honda merilis motor baru yang berkualitas berharga murah. Menggunakan teknologi hebat yang dipunyainya, Juli 2001 Honda mengenalkan motor bebek tergresnya yakni Honda Astrea Legenda yang segera mendapat sambutan meriah dari pasar. Legenda mirip sekali dengan produk motor Honda lainnya yaitu Honda Astrea Grand.

Perbandingan Astrea Grand Vs Legenda


Spesifikasi Astrea Grand dan Astrea Legenda hampir sama saja. Yang membedakan hanyalah kualitas material bodi dan juga mesin. Honda Astrea Grand memang terkenal dengan kehandalan mesinnya. Memiliki model yang klasik dan elegan, serupa dengan produk Honda untuk mobil yaitu Honda Civic Wonder. Astrea Grand ini memang mempunyai desain yang cantik dan tak ketinggalan zaman. Mempunyai lekukan bodi retro vintage akan tetapi mempunyai citarasa modern. Astrea Grand terkenal dengan mesin yang bandel. Suku cadang dan sasis motor ini terbukti awet dan kuat. Lihat saja di jalanan, Astrea Grand keluaran lama masih terlihat sehat biarpun umur mesin lumayan tua. Walaupun hampir sama, namun Astrea Legenda dibuat dengan material dengan kualitas lebih rendah untuk menekan ongkos produksi sehingga saat ini sangat jarang dijumpai Honda Astrea Legenda berseliweran di jalanan. Salah satu keunggulan Astrea Grand adalah ketersediaan suku cadang yang melimpah. Bahkan motor China pun menggunakan suku cadang Astrea Grand sebagai subtitusi.

Perbandingan Astrea Grand Vs Legenda

Berikut adalah spesifikasi mesin Honda Astrea Grand yang sama dengan Astrea Legenda :

  • Tipe mesin : 4 langkah , Overhead Camshaft
  • Diameter x langkah : 50 x 49.5 mm
  • Kapasitas silinder : 97.1 cc
  • Rasio Kompresi : 9 : 1
  • Power puncak : 7.3 DK pada 8.000 rpm
  • Torsi puncak : 7.55 Nm

Walaupun tergolong motor uzur namun dengan perawatan mesin rutin, akselerasi Astrea Grand akan tetap terjaga. Astrea Grand terkenal dengan akselerasinya yang responsif hampir setara dengan Honda Supra X karena memang basis mesin keduanya sama. Malah kecepatan Astrea Grand ini bisa mencapai top speed 100 km/jam jika kondisi mesin masih waras. Bagaimana dengan akselerasi Legenda? Sebenarnya sama saja dengan Astrea Grand, namun karena dibuat dengan kualitas part yang kurang maka tak disarankan menggeber motor ini dengan tiba-tiba. Kecepatan maksimum Legenda ini bisa mencapai 80 km/jam.

Produk Honda terkenal dengan keiritan bahan bakarnya tak terkecuali dengan motor tua Astrea Grand dan Legenda. Dalam sebuah tes didapatkan konsumsi BBM Astrea Grand rata rata mencapai 60 km untuk 1 liter bensin dan bahkan mencapai 77 km bila dijalankan dengan kecepatan konstan 55 km/jam. Namun nilai itu bisa kurang atau lebih tergantung cara mengendarai dan medan yang dilalui.

Harga Astrea Grand bekas masih terhitung tinggi untuk motor uzur yang masih jalan. Di pasar motor bekas Jakarta harga Astrea Grand 1996 adalah Rp 2.500.000 dan harga Astrea Grand 1997 berkisar Rp 2.600.000 dengan varian warna hanya hitam saja. Harga Legenda bekas lebih murah. Contohnya harga Legenda tahun 2002 hanya dihargai Rp. 2,4 juta dengan varian warna yang cuma ada satu yaitu hitam.

Bagikan ke