Komparasi Yamaha Mio Vs Honda Beat

Bila kita disuruh membandingkan Yamaha Mio Vs Honda Beat, ungkapan yang tepat untuk itu adalah The real battle. Karena spesifikasi Yamaha Mio dan Honda Beat itu sebelas dua belas alias hampir sama. Tak percaya? Silahkan simak penjelasan berikut ini. Honda Beat andalan Honda ini memiliki dimensi Tinggi 1.859 X Lebar 876 X Panjang 1.053 mm. Dan Yamaha Mio memiliki dimensi 1.820 x 675 x 1.050 mm. Beda beda tipis pun merembet pada tinggi ground clearance. Honda Beat mempunyai jarak 156 mm dari tanah sedangkan Yamah Mio agak lebih cekak yaitu 130 mm. Panjang sumbu roda kedua motor matic ini sama-sama berukuran 1.240 mm.

Yamaha Mio Vs Honda Beat

Perbandingan Yamaha Mio Vs Honda Beat

Secara visual, rancangan Honda Beat agak mencerminkan tampilan Honda Vario dimana lekukan bodinya banyak yang menyudut. Begitu juga dengan Yamaha Mio mempunyai lekukan menyudut di sejumlah area bodi Mio. Kendati modelnya lain, akan tetapi speedometer analog masih jadi andalan kedua motor matic ini. Masalah desain headlamp, sekali lagi Honda Beat serupa dengan kepunyaan Vario. Kendati bentuknya lain, cahaya langsung dipancarkan dari tameng depan. Untuk Yamaha New Mio, letak dan model headlamp masih seperti yang lama. Hanya ada sedikit ubahan bentuk dan posisi lampu sein maupun lampu kota.

Membandingkan akselerasi kedua motor ini didapatkan hasil akselerasi Yamaha Mio ternyata sedikit lambat dibanding akselerasi Honda Beat BeAT. Untuk mencapai kecepatan 0 - 60 km/jam,Honda Beat memerlukan waktu hanya 7,6 detik sedangkan Yamaha Mio butuh waktu 7,9 detik. Akan tetapi hasil berbeda ketika dilakukan pengukuran dengan jarak 0-100 m, Yamaha Mio sanggup menggoreskan catatan waktu 8,2 detik lebih cepat 0,3 detik ketimbang Honda Beat. Pada jarak 0-201 m putaran mesin menengah ke atas akselerasi Honda Beat unggul dari akselerasi Yamaha Mio. Hal itu boleh jadi disebabkan rasio kompresi Honda Beat yang 9,2 : 1 ditambah diameter piston 50 mm X panjang langkah 55 mm, menjadikan akselerasi mesin putaran bawah Honda Beat lebih responsif. Yamaha Mio sendiri mempunyai rasio kompresi 8,8 : 1 mm dengan diameter piston 50 X panjang langkah 57,9 menjadikan power putaran mesin tengah yang bisa diandalkan. Top speed yang mampu diraih oleh Honda Beat adalah 105 km/jam sudah mentok sama seperti top speed yamaha Mio yang juga 105 km/jam.

Beralih pada konsumsi BBM kedua motor skutik ini. Dari hasil tes didapat data bahwa Honda Beat dengan kapasitas mesin 110 cc mampu menempuh jarak 50 km untuk satu liter bensin. Sedangkan konsumsi BBM Yamaha Mio yang mempunyai kapasitas mesin 115 cc hanya mampu menempuh jarak 44,4 km menggunakan satu liter bensin. Agak lebih boros, sebab karakter mesin Mio yang lebih enak digeber pada putaran menengah atas. Sedangkan putaran bawah, harus lebih dalam memutar grip gas.

Karena mempunyai spesifikasi yang terhitung lebih banyak dari Yamaha Mio, tak heran jika Honda Beat yang cuma tersedia dengan velg racing (CW) ditawarkan agak lebih mahal yaitu 12 juta OTR Jakarta. Sementara Yamaha Mio dijual pada harga 11,885 juta untuk pelek racing dan Mio jari-jari dengan harga 11,16 juta. Ada 6 varian warna dari Honda Beat yaitu Disco Green, Electro Red, Groovy Blue, Rock Black, Samba Orange dan Techno White. Yamaha Mio terbaru (Mio GT) hadir dengan 3 varian warna yaitu Black Warrior, Red Spartan dan White Knight.

Bagikan ke