New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger. Kompetisi motor sport di Indonesia kian keras sesudah dua pabrik motor yaitu Honda dan Yamaha mengenalkan motor sport terbaru mereka. Honda dengan New Honda Tiger sementara Yamaha dengan New Yamaha VIxion. Lalu bila anda disuruh memilih mana yang lebih hebat?

New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Perbandingan Spesifikasi New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Untuk membandingkan keduanya, pertama kali kita lihat spesifikasi dari kedua motor ini. Berikut adalah spesifikasi New Yamaha Vixion :
  • Tipe mesin 4 tak, 4 Valve SOHC dengan sistem bahan bakar Fuel Injection, dengan pendingin cairan. Kapasitas silinder : 149,8 cc 
  • Diameter x Langkah : 57,0 x 58,7 mm 
  • Rasio kompresi : 10,40 :1 
  • Power puncak : 11,1 kW pada 8500 rpm 
  • Torsi puncak : 13,1 Nm pada 7500 rpm 

Sedangkan spesifikasi motor New Honda Tiger adalah sebagai berikut :
  • Tipe mesin 4 tak SOHC dengan pendingin udara Diameter x langkah : 63.5 x 62.2 mm 
  • Kapasitas silinder : 196.9 cc 
  • Perbandingan kompresi 9,0 : 1 
  • Power puncak : 16.7 PS pada 8.500 rpm 
  • Torsi puncak : 1.60 kgf.m pada 7.000 rpm 

Spesifikasi New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger


Top Speed New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Melihat spesifikasi kedua motor terlihat bahwa New Honda Tiger mempunyai kapasitas silinder lebih besar yaitu 200 cc dibanding New Yamaha Vixion yang hanya 150 cc. Bila diadu secara teoritis jelas New Honda Tiger lebih unggul terlihat dari daya maksimum yang mencapai 16,7 sedangkan New Yamaha Vixion hanya 11,1. Namun top speed yang mampu dicapai New Honda Tiger hanya mencapai 125 km/jam. Sebaliknya New Yamaha Vixion dengan cc lebih kecil ternyata dapat mengail top speed di angka 128 km/jam. Untuk akselerasi kedua motor terlihat data torsi maksimum terbesar diraih oleh New Honda Tiger yang mencapai 16 Nm dan New Yamaha Vixion hanya mencapai 13,1 Nm.

Tampilan New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Dilihat dari segi tampilan, keduanya telah mengalami banyak perubahan dari versi lama. Headlight pada New Honda Tiger terlihat modern dan bergaya sporty dengan multi reflektor yang dilengkapi juga dengan panel speedometer digital. Begitupun pada New Yamaha Vixion yang melakukan beberapa perombakan pada area headlamp dengan tampilan yang juga terlihat modern pun dengan panel digital untuk speedometer-nya. Beralih ke bodi, New Yamaha Vixion dilengkapi dengan sasis deltabox yang merupakan sasis standar pada Moto GP. Sasis deltabox menawarkan rigiditas yang kuat untuk lebih menjamin keselamatan pengendara. Untuk peredam kejut, pada New Yamaha Vixion telah menganut monoshock suspension sementara untuk New Honda Tiger masih seperti varian lama menggunakan dua shock absorber dengan ukuran besar untuk menopang bobot motor yang berat.

Perbandingan New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Perbandingan Konsumsi BBM New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Dengan ukuran cc yang besar New Honda Tiger tentunya lebih boros dalam konsumsi BBM-nya yaitu untuk satu liter bensin hanya mampu mencapai jarak 35 km walaupun New Honda Tiger telah mengadopsi sistem bahan bakar injeksi. Pada New Yamaha Vixion yang juga mengandalkan sistem injeksi untuk suplai bahan bakarnya ternyata mampu menempuh jarak 51 km untuk satu liter bensin. Lagi lagi kapasitas silinder yang menentukan irit tidaknya bahan bakar yang digunakan.

Harga New Yamaha Vixion Vs New Honda Tiger

Berlanjut dengan membandingkan harga dari kedua motor ini. New Honda Tiger saat ini dilepas oleh AHM dengan harga 25,6 juta OTR Jakarta. Sedangkan New Yamaha Vixion dilepas dengan harga lebih murah yaitu 22,6 juta. Selisih 3 juta tentu akan menentukan bikers yang hendak membeli motor sport. New Honda Tiger sendiri hadir dengan 4 pilihan warna yaitu : Trust Violet, Unity Black, Respect Red dan Loyal White. Bila anda lebih menjatuhkan pilihan pada New Yamaha Vixion, maka anda pun diberikan 4 pilihan warna yang dapat anda pilih salah satunya yaitu : red lighting, black bolt, white flash dan purple strike.