Satria Fu Vs Honda CS One

Satria Fu Vs Honda CS One. Sepasang bebek supersport kerap dikomparasi oleh sejumlah bikers yaitu Honda CS One dan Suzuki Satria FU. Hal yang menjadikan bikers mempersamakan keduanya ialah lantaran menggunakan rancangan dan konstruksi sasis yang serupa dan juga tampilannya yang gagah khas motor sport.

Satria Fu Vs Honda CS One


Dengan mengusung jargon Hyper Underbone yang sering digembor-gemborkan oleh pabrikan Suzuki ini ternyata mampu meningkatkan penjualan Satria FU. Spesifikasi Satria FU dengan mesin tegak kapasitas150 cc mempunyai power 16 HP, transmisi manual 6-speed menjadikan larinya tidak terbendung motor bebek lain. Wajar jika ada yang menyebut Satria Fu adalah bebek tercepat di dunia. Menerapkan cakram depan lebar dan terpasang juga cakram belakang dengan velg racing Enkei. Tidak usah disangsikan lagi kualitasnya. Handling Satria FU ini lumayan bagus dan lincah. Letak setang yang rendah mengakibatkan pengendara sedikit merunduk saat berkendara. Hal tersebut menawarkan sensasi racing buat kalangan pecinta kecepatan, akan tetapi akan mengakibatkan pegal-pegal saat digunakan dalam jarak jauh. Dan berikut adalah spesifikasi mesin Satria FU 150 :


  • Tipe Mesin : 4-Tak, DOHC, dengan pendingan udara, SACS, 4-Katup
  • Diameter x Langkah : 62 mm x 48.8 mm
  • Volume Silinder : 147.3 cc
  • Rasio Kompresi : 10.2 : 1
  • Daya puncak : 16 PS pada 9.500 rpm
  • Torsi puncak : 1.27 Kg.m pada 8.500 rpm


Satria Fu Vs Honda CS One


“The Top City Ride” merupakan tagline dari Honda CS One. Walaupun penjualannya tak begitu memuaskan, akan tetapi performa motor begitu mengagumkan. Menggunakan volume mesin dengan cc lebih kecil (125 cc) dibanding Satria FU, namun Honda CS One mampu memuntahkan tenaga yang besar. Berada pada kelas bebek bukan, sport pun bukan, maka Honda CS One boleh dikatakan keluar kotak. Spesifikasi Honda CS One dengan tampilan layaknya motor laki akan tetapi faktanya tanki CS One masih berada di bawah jok.  Akan tetapi model keseluruhan Honda CS One lumayan menarik. Mempunyai cakram depan belakang memastikan motor sangat aman dikendarai. Honda CSOne berukuran sedikit besar akan tetapi langsing di area belakang. Konsol digital di area panel menjadikan tampilan CS One terlihat futuristik. Bodi sebelah depan gemuk akan tetapi lumayan berotot menjadikan CS One tampak kekar. Dan area belakang yang slim dihiasi lampu dengan ujung lancip menjadikan CS One terlihat sporty. Berikut adalah spesifikasi mesin Honda CS One :


  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, berpendingin air
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Rasio Kompresi : 10,7 : 1
  • Daya puncak : 12,8 PS di 10.000 rpm
  • Torsi puncak : 1.04 kgf.m di 7500 rpm


Secara teori kecepatan satria FU tentu lebih tinggi dibanding kecepatan Honda CS One. Benarkah demikian? Dalam sebuah tes pada kedua motor ini diperoleh top speed Honda CS One adalah antara 125 -130 km/jam sementara top speed Satria FU adalah antara 130 -135 km/jam. Kecepatan tersebut merupakan kecepatan yang tertera pada speedometer, sementara data aslinya bisa saja lain, karena pabrikan kebanyakan melebihkannya untuk alasan keamanan pengendara. Namun untuk akselerasi tampaknya honda CS One yang lebih unggul karena torsi puncak bisa dicapai pada rpm yang lebih rendah. Akselerasi Satria FU agak sedikit lamban mengingat cc mesin yang mencapai 150 cc.

Perbandingan Satria Fu Vs Honda CS One


Dengan cc yang lebih kecil, konsumsi BBM Honda CS One ini mencapai angka 45 km untuk tiap liter bensin, sedangkan konsumsi BBM satria FU dengan cc mencapai 150, untuk tiap liter bensin hanya mampu mencapai jarak 26,9 km. Memang Satria FU terkenal haus akan bahan bakar. Untuk penggunaan harian, nampaknya harus anda pertimbangkan lagi memilih motor ini.

Harga motor Satria FU baru dibanderol pada harga 18,8 jutaan dengan varian warna yang dapat dipilih adalah Trick Blue, Titan Black,  Pearl Flash Green, Celebration Red dan Brilliant White - Dark Gray Metallic. Sedangkan harga Honda CS One baru sekitar 17,3 juta dengan varian warna adalah Black, Red dan Violet.

Bagikan ke