Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor

Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor

Sistem pengereman adalah salah satu rangkaian keselamatan pada motor yang mempunyai fungsi sangat besar. Sebab rem motor ini berhubungan dengan keselamatan pengendara, Maka rem yang berkerja maksimal pastinya menjadi keinginan bagi semua pemilik motor demi menjaga keselamatan saat berkendara, Bagi para pengendara yang menyukai kecepatan atau tidak sistem pengereman yang maksimal wajib kalian miliki. Sistem pengereman terdiri dari berbagai komponen yang memerlukan perhatian ekstra dan berkala supaya fungsi dari rem tetap terjaga secara optimal.

Selanjutnya komponen – komponen sistem pengereman ada yang harus memang harus diganti secara berkala ada juga yang gak usah diganti. Namun semua komponen harus tetap mendapatkan perhatian dari kalian dimulai dari brake pad alias kampas rem hingga kontrol viskositas minyak rem. Pada kesempatan kali ini saya  akan menjelaskan tetang kapan waktu yang tepat untuk menganti minyak rem. Karena fungsi minyak rem adalah sebagai pelumas komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan ketika melaju supaya tahan panas dan gak gampang aus.

Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor


Karena seiring pemakaian kendaraan yang lama pastinya volume minyak rem juga akan bekurang, nah cara mengetahui volume minyak rem yang berkurang kalian bisa melihatnya melalui tabung minyak rem pada master rem atau ketika pengereman handle rem terasa keras kemungkinan volume minyak rem telah berkurang. Kalau sampai minyak rem habis hal ini akan menyebabkan piston kaliper gak bekerja secara optimal dan bisa menyebabkan komponen rem lainnya berkarat disebabkan kehabisan minyak rem.

Perlu kalian ketahui bahwa minyak rem umumnya tidak habis namun berkurang, tapi berkurangnya bukan karena terjadi penguapan, tapi berkurangnya minyak rem dapat disebabkan karena kampas rem telah mulai menipis. Sebab ketika kampas rem telah menipis, piston kaliper akan mendorong lebih dalam, namun kalau kampas rem diganti baru maka dia akan normal kembali.
Waktu Tepat Mengganti Minyak Rem Motor

Akan tetapi kalau kalian telah mengganti kampas rem namun minyak rem masih terus berkurang sebaiknya kalian periksa beberapa bagian komponen rem mungkin ada komponen yang sudah gak bagus lagi dan perlu segera diganti seperti sil kaliper yang sudah bocor.

Nah disarankan jika akan menganti minyak rem, ada baiknya mengikuti buku panduan resmi motor, yakni setelah jarak tempu 20.000 km.

Silahkan kalian ikuti buku panduannya, minyak rem diganti setelah menempuh jarak 20 ribu kilometer, namun tidak berpatokan pada jarak tempuh saja, kalau rem sering digunakan dan mulai terasa gak nyaman, sebaiknya segera dicek bagian kaliper atau sil kaliper dan dilakukan penggantian.

Pada sistem pengereman yang bagus pastinya akan membuat berkendara akan terasa lebih aman dan nyaman. Jadi pergantian minyak rem jangan sampai kalian tunda kalau memang sudah waktunya diganti. Harga minyak rem yang beredar bervariasi mulai dari harga 10 ribu hingga 50 ribu untuk jenis motor bebek dan matic pada umumnya. Mengenai jenis minyak rem motor dan harga minya rem lengkap kalian bisa tanyakan langsung di bengkel-bengkel terdekat kesayangan kalian.

Ok sekian informasi dari saya semoga bermanfaat terimakasih.