Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas, Coba Jurus Ini!

Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas - Jangan remehkan masalah ini jika motor kamu cepat mengalami overheat atau panas berlebih. Tentu masalah ini sangat mengaggu perjalanan kamu. Tentunya kamu langsung ingin mencari solusinya dan sebenarnya apa yang menyebabkan mesin motor cepat panas.

Pilihan yang tepat kamu baca artikel ini. Karena kali ini admin akan memberikan tips tentang cara biar mesin motor tidak cepat panas. Silahkan simak langkah-langkah apa saja yang bisa menyelesaikan masalah ini.

Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas

Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas


Mungkin perikiraan awal kamu adalah penggunaan oli yang kualitasnya kurang bagus yang menyebabkan mesin cepat panas. Bisa jadi salah satu penyebabnya, namun jika oli motor yang kamu gunakan kualitasnya bagus tapi mesin motor tetap cepat panas. Coba cara di bawah ini.

Sebelum Dipakai, Panaskan Motor Dulu

Sempatkan untuk memanaskan motor walaupun kamu sedang dalam keadaan terburu-buru. Jangan lupa untuk meluangkan waktu antara dua hingga tiga menit untuk memanaskan motor biar seluruh bagian mesin dapat tersirkulasi oleh oli dengan baik.

Cek Cairan Pendingin

Sekedar informasi, perlu kamu ketahui di dalam motor ada cairan pendingin atau water coolant yang berguna untuk mendinginkan mesin ketika sedang panas saat dihidupkan. Jika volume water coolant ini kurang dari yang seharusnya, mesin motor akan cepat panas sebab proses pendinginan kurang optimal. Maka selalu cek cairan pendingin ya. Jika harus diganti, datanglah ke bengkel terdekat.

Periksa Kinerja Kipas Radiator

Selain komponen di atas, ada komponen lain yang dibutuhkan untuk menurunkan panas mesin motor, komponen itu yaitu kipas radiator. Kipas ini berguna menurunkan suhu panas pada mesin motor. Silahkan periksa pada kinerja kipas.

Pengecekan semakin diperlukan terutama jika motor kamu sudah berumur tua. Jika dibutuhkan, lakukan penggantian supaya tidak membahayakan.
Baca juga: Cara Mengatasi Ban Motor Goyang

Atur Kerapatan Piston

Piston dengan posisi yang begitu rapat akan menghambat saluran pelumasan. Jika terlalu rapat, piston dan saher tidak bisa bergerak secara lancar. Maka cobalah untuk mengatur kerapatan piston. Tetapi apabila kamu belum paham mengenai seberapa besar kerapatannya, alangkah baiknya membawa motor kamu ke bengkel terdekat.

Gunakan Oli Yang Sesuai Dengan Mesin

Bukan rahasia lagi kalau salah satu fungsi oli yaitu berguna untuk mengontrol suhu pada ruangan mesin. Maka dari itu, gantilah oli secara teratur dengan oli yang sesuai dengan karakteristik mesinnya. Jika kamu bingung oli apa yang cocok untuk motor kamu, coba lihat di buku manual yang kamu miliki saat membeli motor kamu. Namun biasanya montir sudah paham oli yang cocok untuk motor kamu.

Demikianlah beberapa tips tentang Cara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas. Semoga dengan adanya beberapa tips di atas, bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.