Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Sepeda motor yang paling memberikan kontribusi adalah pelek. Jika ingin menampilkan tampilan yang beda tentu membutuhkan modal yang lumayan banyak buat membeli pelek baru.

Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor


Dan perlu kalian ketahui juga bahwa untuk mengganti tampilan pelek motor gak mesti harus mengganti dengan yang baru saja. Karena ada cara lain dan gak perlu buget besar. Caranya bagaimana? Yuk langsung saja simak caranya dibawah ini:

1. Cat Ulang Pelek Motor

Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Jika kalian menggunakan warna pelek yang berbeda, tentu akan langsung membuat tampilan motor kalian terlihat berbeda dari sebelumnya. Ini bisa kalian lakukan agar warnanya berubah, kalian bisa mengecatnya. Kalau mampu melakukan secara mandiri, di Bukalapak banyak tersedia pilihan cat semprot untuk pelek alloy (pelek racing). Bahkan ada sejumlah pelapak yang menawarkan paket, mulai dari cat dasar, pelapis hingga pernisnya dengan harga sekitar Rp80 ribuan.

Selanjutnya, pelek motor gak langsung dicat begitu saja. Kalian harus lepaskan dulu pelek dari bannya, kemudian kalian cuci bersih dengan sabut. Jika sudah kering, pelek harus diamplas sampai cat lama terkelupas. Lalu bersihkan lagi hingga gak ada kotoran sama sekali yang menempel. Setelah itu barulah pelek disemprot dengan cat.

Jika kalian merasa terlalu rumit untuk mengecat ulang pelek motor secara mandiri, Kalian juga bisa melakukan cat ulang pelek motor di bengkel-bengkel terdekat. Dan harganya juga cukup bervariasi, dan yang paling terjangkau sekitar Rp300 ribuan untuk sepasang pelek motor skutik berukuran 14 inci.

Kemudian mengenai pilihan warna cat, pada saat ini trennya mengarah ke bronze. Sejumlah pabrikan motor bahkan sudah langsung mengaplikasikan ke sepeda motor baru seperti: Yamaha Nmax, Honda Vario 150, Kawasaki Z250 dan lain-lain.

Untuk harga cat pelek motor jauh lebih murah, apalagi jika dibandingkan harga pelek alloy aftermarket yang harganya mencapai di atas Rp1 jutaan. Misalnya Pelek merek Racing Boy untuk Honda Beat di Bukalapak bisa Rp1.3 jutaan. Ada pula Pelek Power yang dijual Rp1.2 jutaan.

2. Beri Stiker di Pelek Motor

Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Kalau ternyata harga cat motor buat kalian masih terlalu mahal, maka ada satu cara lain yang lebih terjangkau yakni pasang stiker. Caranya mudah hanya dengan melekatnya stiker pada pelek motor kalian, tentu tampilannya akan berbeda dari sebelumnya. Kalian bisa mencarinya di Bukalapak banyak sekali pelapak yang jual stiker ini. Harganya mulai dari 50 ribuan untuk sepasang pelek.

Kemudian untuk opsi warna stikernya pun bervariasi, dimulai dari hijau, biru, merah dan lain-lain. Dan begitu pula dengan pilihan desainnya. Jika sudah berhasil membeli stiker pelek motor, maka kalian pastikan bisa memasangnya dengan tepat. Jika gak yakin, sebaiknya serahkan ke teknisi bengkel motor terdekat agar hasilnya lebih bagus.

Pada bengkel-bengkel resmi pabrikan motor, banyak juga yang menjual stiker pelek. Mereka biasanya menawarkan stiker sekaligus dengan jasa pemasangannya, jadi kalian gak perlu repot-repot untuk memasang sendiri.

3. Ganti Pelek Bekas Pakai 

Cara Mempercantik Tampilan Pelek Motor

Untuk opsi terakhir yang dapat kalian lakukan untuk menghemat buget adalah dengan cara mengganti dengan pelek bekas pakai. Tentu harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pelek aftermarket baru. Sudah pasti kalian akan mendapatkan harga setengah dari harga barunya.

Namun yang harus kalian perhatikan juga jika membeli pelek aftermarket bekas pakai, kalian harus perhatikan baik-baik kualitasnya. Jangan sampai kalian mendapat pelek motor yang sudah cacat. Jika itu terjadi, maka kalian akan rugi, sudah uang melayang, pelek kesukaan juga tidak didapat.

Jadi cara mengecek pelek bekas masih berkualitas, dengan cara melihatnya secara langsung tiap-tiap sisi. Kalian pastikan pelek harus dalam keadaan bulat sempurna, tidak peang. Lalu lihat catnya juga pilih yang gak terkelupas. Jika kalian hendak membeli pelek bekas jenis jari-jari, Kalian pastikan tiap jari-jarinya lurus sempurna.

Ok temen-temen, itu saja sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian, terimakasih.