Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dapat Perpendek Usia Ban


Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dapat Perpendek Usia Ban

Komponen penting pada mobil salah satunya adalah ban. Komponen ini bekerja keras karena selalu mengalami kontak fisik dengan permukaan jalan. Jika semakin berat dan jauh medan yang akan ditempuh, maka turut berpengaruh pada kondisi ban. Selain itu, faktor lain yang dapat mempengaruhi usia ban adalah cara berkendara yang kurang tepat.

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dapat Perpendek Usia Ban


1. Melakukan pengereman secara tiba-tiba

Pada situasi tertentu, jika melakukan pengereman secara mendadak memang perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan.

Akan tetapi jika pada kondisi yang tidak darurat, maka sebaiknya upayakan untuk melakukan pengereman secara bertahap. Dalam pengereman yang mendadak maka akan dapat menimbulkan gaya gesek berlebih sehingga ban menjadi terkikis.

2. Sering berkendara melewati hambatan

Hambatan yang dimaksud yakni segala sesuatu yang bisa mengganggu laju pada mobil. Misalnya jalan rusak dan berlubang, benda atau puing di jalanan, trotoar, nah hal-hal tersebut termasuk pada hambatan ketika berkendara.

Jika kalian melibas hambatan-hambatan tersebut maka akan berdampak pada munculnya benjol pada ban, pada hambatan yang bersifat tajam misalnya pecahan kaca bahkan bisa menyebabkan ban kempes hingga pecah.

3. Berkendara dengan Kelebihan Muatan

Pada setiap ban mempunyai daya tahan beban yang berbeda-beda. Jika berkendara dengan bobot berlebih maka bisa menyebabkan tekanan yang besar pada ban sehingga menimbulkan kerusakan.

Jika kalian mengetahui berapa beban yang bisa ditahan oleh ban, kalian bisa melihat kode yang ada pada sisi ban.

4. Menggunakan kecepatan penuh

Jika berkendara dengan kecepatan penuh bagi sebagian pengendara ini merupakan hal yang menyenangkan sebab memacu adrenalin. akan tetapi, kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada ban mobil.

Dalam kecepatan yang berlebih, maka akan menghasilkan panas dan gesekan yang besar sehingga bisa mengikis ban mobil dengan lebih cepat.

Ini sama seperti daya tahan beban, batas kecepatan maksimum ban bisa ditemukan pada kode yang terletak pada sisi ban.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat, Terimakasih.