Satria Fu Vs Jupiter MX

Di Indonesia setidaknya ada dua motor bebek dengan kecepatan super yaitu Suzuki Satria FU 150 keluaran dari pabrikan Suzuki dan New Yamaha Jupiter MX 135 besutan Yamaha. Kedua motor ini bahkan dinobatkan oleh sebuah majalah otomotif terkenal sebagai motor bebek terkencang. Bila anda memang berencana membeli sebuah motor bebek dengan tampilan sporty, boleh jadi anda akan bingung menentukan satu dari kedua motor tersebut. Susuki Satria tampil dengan tampilan ayago (ayam jago) sedangkan Jupiter MX agak sedikit bongsor namun terkesan gagah berisi. Ayo kita bandingkan kedua motor bebek sport ini.

Satria Fu Vs Jupiter MX

Perbandingan Spesifikasi Satria Fu Vs Jupiter MX

Siapa tak kenal motor bebek Hyper underbone dari Suzuki yaitu Suzuki Satria Fu 150.Motor bebek sporty ini merupakan motor bebek terkencang di Indonesia. Spesifikasi Satria FU antara lain adalah  : Rear and Front Disk Brake (rem cakram depan dan belakang), peredam kejut menggunakan Mono Shock, Alumunium Pillion Handle, Alumunium Heal Guard, cover shock, Sporty Muffler (knalpot dengan tampilan sporty), Advance Spedometer yang canggih, New Sharp Guard yang gagah, New Body Cover yang terkesan ramping dan New Head Lamp super terang. Adapun spesifikasi Jupiter MX secara umum menghadirkan dua tipe yaitu Jupiter MX hand clutch atau kopling tangan dan yang tidak. Ada yang hadir dengan rem cakram belakang ada juga dengan rem belakang masih tromol. Dengan tampilan yang sedikit gambot dibandingkan dengan Satria FU tentunya agak kurang lincah dipakai menerobos kemacetan jalan.

Mesin Satria Fu Vs Jupiter MX

Mesin Satria Fu Vs Jupiter MX

Dengan tipe mesin  4 tak, DOHC 4 dan kapasitas Silinder 147.3 cc tentunya kecepatan si Satria FU ini bila dibandingkan Jupiter MX jauh melesat. Jupiter MX hanya dibekali dengan dapur pacu 134,4 cc silinder tunggal, 4 Langkah, 4 Valve SOHC dan hanya mampu memberikan power maksimum mencapai 9.21 kW ke 8500 rpm dan torsi maksimum 12.14 Nm pada 6000 rpm. Sedangkan daya maksimum Satria FU mencapai 11.7 kw (16.0 PS)/9.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai    12.4 Nm/8.500 rpm. Juga Satria FU mempunyai 6 transmisi percepatan unggul dibandingan transmisi pada Jupiter MX yang hanya 4 transmisi percepatan. Akselerasi Satria FU 150 ini jelas lebih responsif bila dibandingkan dengan akselerasi Jupiter MX.

Satria FU bergaya ayam jago mempunyai kapasitas mesin lebih besar dibandingakan Jupiter MX. Suzuki Satria mempunyai torsi bawah dan atas yang powerful, sangat pas bagi penggila top speed. Namun akibatnya pada konsumsi bahan bakar yang agak boros dibandingkan dengan Jupiter MX. Suzuki Satria FU ini pada penggunaan normal untuk satu liter bahan bakar hanya bisa menempuh jarak sekitar 35 km dan bahkan hanya 25 km bila kondisi stop and go. Lain dengan konsumsi bahan bakar Jupiter MX yang bisa menempuh jarak 46 km untuk satu liter bensin. Jupiter MX mempunyai torsi bawah yang besar sehingga pas bila digunakan dalam kondisi jalanan macet dengan banyak stop and go.

Harga Satria Fu Vs Jupiter MX

Untuk harga Yamaha Jupiter MX rata-rata 16,8 Jutaan OTR Jakarta. Adapun untuk Satria FU dijual dengan kisaran harga 17,8 juta. Terpaut sekitar satu jutaan. Namun bila berbicara masalah harga spare part, tampaknya rata rata harga spare part Jupiter MX agak lebih ramah di kantong dibanding Satria FU. Banyak komponen Satria FU yang masih didatangkan dari Thailand sehingga harganya agak mahal.

Varian Satria Fu Vs Jupiter MX

Paling akhir adalah warna motor Suzuki Satria yang menawarkan lima warna yaitu : Trick Blue, kombinasi Brilliant White dan Dark Gray Metallic, kombinasi Pearl Flash Green dan Titan Black, Titan Black dan Celebration Red. Sedangkan Jupiter MX terbaru menawarkan warna solid yaitu merah maroon, hijau muda, biru tua dan hitam. Semuanya dengan tampilan striping yang terlihat eye catching. Nah anda pilih yang mana? Semoga review kami tentang Satria Fu Vs Jupiter MX bermanfaat sebelum menentukan pilihan untuk membeli Satria Fu atau Jupiter MX.

Bagikan ke