Satria Fu 150cc Vs New Honda Sonic 125cc

Motor merupakan salah satu moda transportasi yang demikian banyak pemakainya di Indonesia, sebab memang motor adalah alternatif transportasi dengan harga lumayan murah dan dapat digunakan kemana-mana secara mudah. Di samping itu sebagai pilihan pas yang dapat dipakai menembus jalanan macet. Fungsi lain adalah dengan motor kita bisa bergaya contohnya menaiki motor yang mempunyai desain yang sporty sekaligus elegan.

Satria Fu 150cc Vs New Honda Sonic 125cc

Perbandingan Spesifikasi & Kecepatan Satria Fu 150cc Vs New Honda Sonic 125cc


Semenjak dirilis, New Honda Sonic 125cc benar-benar mempunyai kecepatan fantastis. Motor dengan tampilan sporty yang berseliweran di Indonesia kurang lebih tahun 2001 ini adalah motor bebek paling mahal dan paling cepat. Rival New Honda Sonic ini ialah Suzuki Raider 125 Built Up asal Thailand.  Spek motor New Honda Sonic 125 cc ini berbasis mesin CBR 125 Eropa yang mampu mencapai speed 140km/jam. Motor Honda Sonic memakai mesin 4 tak CBR 125 Eropa. Terpasang sistem liquid cooling dengan single silinder namun mampu mengail tenaga hingga 10.500 RPM. Mesin memiliki model overbore yang begitu khas dengan klep in maupun out lebih besar dengan begitu mampu membuat tenaga lebih besar di RPM tinggi. Suplai bahan bakar memakai karburator jenis Keihin AVK28 mesin Honda Sonic ini memberikan power lebih besar dengan top speed lebih besar meskipun diplacement mesin lebih kecil. Sebab itulah Honda Sonic dinyatakan oleh sejumlah biker merupakan motor terkencang motor di bawah 150 cc karena motor ini tidak sulit mencapai speed 140km/jam. Sedangkan berdasar spesifikasi motor Suzuki Satria F 150 menyandang mesin DOHC dengan 6 percepatan yang hanya dapat mencapai 135km/jam. Adapun New Honda Sonic membawa mesin SOHC dengan 5 percepatan namun mampu tembus kecepatan 140 km/jam dengan gampang.

New Honda Sonic 125cc vs Satria Fu 150cc


Perbandingan Harga Satria Fu 150cc Vs New Honda Sonic 125cc


Saat ini malah tersebar rumor bahwa Honda Indonesia tengah ancang-ancang merilis Honda UltraSonic 150 cc PGM-FI. Motor ini diluncurkan sebagai rival Suzuki Satria FU yang hingga saat ini masih menjadi kebanggaan pengguna bebek sport. Pihak Honda Indonesia belum mau berbicara banyak mengenai hal ini. Bila memang benar maka akan makin sengit saja persaingan di kelas motor bebek sport 150 cc yang masih dipegang Suzuki Satria FU 150 ini. Suzuki Satria FU 150 dalam kondisi baru dibanderol dengan harga 20.490.000,- sedangkan New Honda Sonic 125 cc dibanderol pada harga 23 jutaan. Honda Sonic lebih mahal karena memang import utuh (CBU, completely built up ) dari Thailand sedangkan Suzuki Satria FU 150 ini sudah ada beberapa komponen yang diproduksi di Indonesia. Dan kabarnya Si Satria ini sudah di down grade dari rilis pertama.

Satria Fu vs Honda Sonic

Perbandingan Konsumsi BBM Satria Fu 150cc Vs New Honda Sonic 125cc


Untuk urusan minum bahan bakar,Suzuki Satria FU 150 ini untuk satu liter bensin mampu untuk berlari sejauh 35 km beda beda tipis dengan Honda Sonic yang berkisar 38 km. Namun memang spesifikasi dari dua kuda besi ini mengharuskan pemakaian BBM dengan nilai oktan tinggi sekelas pertamax. Hal itu disebabkan kompresi yang dimiliki keduanya yang memang tinggi. Untuk penggunaan harian,bagi yang berkantong pas pasan mungkin perlu berfikir ulang  jika ingin membeli kedua merek motor ini. Bukan apa apa motor dengan spesifikasi tinggi ini pun mengharuskan penggunaan spare part yang juga dengan spesifikasi kelas satu.Dan itu sudah pasti mahal. Malah untuk New Honda Sonic ini karena impor langsung dari Thailand sudah pasti spare part pun harus didatangkan dari sana. Susah dapatnya. Adapun untuk varian warna kayaknya Satria FU 150 lebih banyak pilihan daripada New Honda Sonic. Namun pilihan tergantung anda.