Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Yang menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih kendaraan adalah efisiensi bahan bakar. Merupakan hal yang sangat penting apalagi untuk kendaraan yang akan dipakai untuk sehari-hari, baik untuk aktivitas kerja ataupun usaha.

Tapi, apakah kalian tahu, keiritan kendaraan tak cuma ditentukan model kendaraan. Karena dalam cara mengemudikan mobil juga sangat menentukan. Kalau gaya mengemudi keliru dan terlalu agresif maka sudah dipastikan konsumsi bahan bakar akan boros.

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar


Maka dari itu, gunakan cara berkendara dengan metode Eco Driving. Ini sangat penting, karena selain membuat bahan bakar pada mobil lebih irit, namun juga menciptakan lingkungan lebih bersih. Berikut tips berkendara hemat bahan bakar:

1. Panaskan mesin dengan tepat

Untuk kendaraan model sekarang sudah semua dirancang lebih canggih, maka gak butuh waktu lama untuk memanaskan mesin. Dan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin hanya sekitar 3 menit atau jika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak.

Ketika mesin dipanaskan, untuk mobil yang menggunakan bahan bakar sekitar 160cc. Kalau kalian terlalu lama memanaskan mesin sudah pasti akan membuat konsumsi bahan bakar boros.

2. Perhatikan tekanan udara ban

Sebaiknya sebelum berangkat kalian perhatikan tekanan udara pada ban. Kalau berkurang 50 kPa (0.5 kg/cm2) dari tekanan normal maka akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2-4 persen.

3. Jaga kecepatan konstan

Dalam menjaga kecepatan kendaraan tetap konstan akan membuat kerja mesin lebih efisien. Jaga akselerasi sedikit lebih perlahan (akselerasi 20 km/jam selama 5 detik ketika bergerak atau perpindahan gigi) akan mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11 persen.

4. Pantau informasi lalu lintas

Jika terjebak kemacetan maka akan membuat konsumsi kendaraan kalian menjadi lebih besar. Untuk itu, sebaiknya sebelum berkendara pilihlah rute yang tepat. Karena saat ini sudah ada teknologi yang bisa membantu memantau lalu lintas secara real time, seperti Map atau Waze.

Sebagai catatan, pada saat berkendara dalam perjalanan yang ditempuh selama 1 jam,  dan kehilangan waktu mengemudi (Missing Drive) selama 10 menit yang disebabkan karena macet, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat sekitar 14 persen.

5. Kurangi akselerasi dan deselerasi

Sebaiknya jangan terlalu agresif dengan banyak menekan pedal gas (akselerasi) dan mengerem (daselerasi). Lalu kendaraan secara konstan sesuai kecepatan rata-rata yang diatur di lintasan.

Kemudian jaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan kalian, guna untuk menghindari pengereman secara mendadak. Kalau kalian menekan pedal rem sudah pasti akan menekan gas, nah pada saat itulah mobil menyedot bahan bakar lebih.

6. Gunakan engine brake

usahakan agar mggunakan engine brake secara positif melalui perpindahan gigi (transmisi) yang tepat. Melalui teknik engine brake ini, maka mesin akan menghentikan supply bahan bakar dan penggunaan bahan bakar menurun sekitar 2 persen.

7. Gunakan AC secara tepat

Dalam mencegah suhu terlalu dingin dalam ruang kabin tentu sangat penting. Kalau menggunakan Air Conditioner (AC) dengan suhu 25°C, maka penggunaan bahan bakar akan meningkat sekitar 12 persen. Maka tutup rapat kaca mobil supaya AC tak bekerja terlalu keras menyesuaikan suhu yang diinginkan, karena akibat suhu panas di luar masuk.

8. Tidak membiarkan mesin menyala saat diam

Sebaiknya jangan biarkan mesin menyala lama dengan kondisi idle atau diam (stop idling) dalam waktu lama. Mobil menggunakan sekitar 130cc bahan bakar pada saat mesin idling selama 10 menit (kondisi netral dengan AC dalam keadaan mati).

9. Tidak membawa beban berlebih

Pada saat kalian berkendara dengan membawa barang yang beratnya sekitar 100 kg, maka itu akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3 persen. Maka dari itu, jangan membawa barang yang tak dibutuhkan dalam mobil.

10. Perhatikan area parkir

Ketika kalian akan berkunjung ke suatu tempat, hindari parkir ilegal. Karena biasanya tempat parkir tak resmi kondisinya semrawut dan macet.

Ketika kalian antre atau mencari tempat parkir kecepatan berubah dari 40 km/jam menjadi 20 km/jam, maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 31 persen.

Demikian tips dari saya, Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!