Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong

Semua pasti sudah mengetahui jika rem memang menjadi perangkat yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Terutama untuk motor matik yang gak bisa memaksimalkan engine brake seperti motor manual.

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong


Ada banyak faktor yang dapat membuat rem blong. Dan salah satu di antaranya yakni karena rem terlalu sering ditekan dan membuat piringan dan kampas rem menjadi panas. Nah kebiasaan buruk dari pemotornya juga membuat rem ngeblong. Dan salah satu kebiasaan buruknya adalah meletakkan jari di tuas rem.

Menurut informasi, kebiasaan meletakkan jari di tuas rem akan membuat pemotor secara gak sengaja akan menarik rem. Mungkin kalian juga sering melihat pemotor lain yang membawa motor matik, tapi lampu rem menyala terus padahal dia sedang ngegas.

Nah itu biasanya karena mereka meletakkan jari di tuas rem sehingga secara tak sadar mereka ngegas sambil ngerem. Jadi pengoperasian rem yang berlebihan itulah yang dapat menimbulkan masalah rem blong.

Para pengendara harus melakukan gerakan secara sadar kapan harus menekan rem dan kapan harus melepas rem. Dan jika jari selalu menarik tuas rem, maka dikhawatirkan dalam kondisi darurat gerakan tak sadarnya adalah menekan rem sejadi-jadinya yang belum tentu benar secara pengoperasian.

Maka dari itu saya menyarankan supaya pemotor tidak selalu meletakkan jarinya di tuas rem, terlebih di rem depan yang kebanyakan motor sudah menggunakan rem depan cakram.

Baiklah Sobat-sobat semua, demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Bisa Menyebabkan Rem Blong. Semoga bermanfaat terimakasih.