Yamaha Vixion Vs Honda Mega Pro
—
22.11
—
Komparasi
Spesifikasi Yamaha Vixion Vs Honda Mega Pro
Berdasar tampilannya, spesifikasi Honda New MegaPro terlihat kian sporty lewat perubahan pada lampu depan, tanki bahan bakar sampai ke belakang dan juga desain panel meter. Modelnya betul-betul lain ketimbang MegaPro pendahulunya. Sedangkan Yamaha Vixion face lift yang datang permulaan tahun 2010 cuma berubah di area headlamp. Modelnya yang lama adalah bulat sekarang berganti menjadi asimetris. Perombakan pun terdapat di warna deltabox, jika dulu perak sekarang berubah hitam. Juga pada striping yang saat ini kian terlihat sporty.Dalam hal kaki kaki, spesifikasi Honda New MegaPro memakai ban dengan ukuran 80/100-17 tubeless, dan belakang 100/80-17 tubeless. Pada New MegaPro varian Casting Wheel/CW saat ini telah memakai rem cakram depan dan belakang. Itu yang tak terdapat di Yamaha Vixion. Motor sport kebanggaan Yamaha ini cuma berbekal ban dengan ukuran 2,75-17 di depan, dan belakang 90/90-17 menggunakan rem depan cakram sedangkan belakang masih tromol.
Urusan mesin, Honda menggunakan mesin dengan volume 149,2 cc SOHC karburator yang bisa mengail power mencapai 10,1 kW di 8.500 rpm dan torsi maksimum pada 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Sementara Yamaha Vixion lebih unggul lewat menanamkan sistem injeksi terhadap mesin 149,8 cc SOHC. Alhasil power Yamaha Vixion menang selangkah yaitu 14,88 PS di 8.500 rpm dan torsi puncak pada 13,1 Nm pada 7.500 rpm. Namun New MegaPro telah dibekali mesin baru menggunakan teknologi XRP (X-Tra Responsive Performance) yang menjadikannya selalu responsif namun hemat bahan bakar. Piston dengan bahan dasar ringan dan bertekstur yang mengakibatkan bagian ini dapat lebih banyak terkena pelumas dengan begitu menolong ketika berlangsung gesekan, roller rocker arm serta crankshaft bearing, dan terdapat juga crankcase emmision control system yang menjadikan pemakaian bahan bakar kian efisien. Tidak ketinggalan juga throttle position sensor menggunakan CDI yang terpasang 12 ignition mapping yang bisa di-set supaya respon mesin pada putaran throttle lebih akurat. CDI 12 Mapping tersebut pun bekerja mengatur konsumsi bahan bakar berdasar tipikal pengendaranya saat motor dioperasikan, sehingga pembakaran bisa kian sempurna dan asupan bahan bakar makin efisien.